nusabali

Brigjen Sachono Jabat Kasdam Udayana

  • www.nusabali.com-brigjen-sachono-jabat-kasdam-udayana
  • www.nusabali.com-brigjen-sachono-jabat-kasdam-udayana

DENPASAR, NusaBali
Jabatan Kasdam IX/Udayana resmi diganti. Jabatan yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen TNI Harfendi dan kini digantikan oleh Brigjen TNI Sachono.

Pergantian ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/818/VII/2022 tanggal 29 Agustus 2022, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Upacara serah terima jabatan digelar hari ini di Makodam IX/Udayana.

Brigjen TNI Sachono sendiri sudah tiba di Makodam IX/Udayana, Senin (19/9). Kedatangan jenderal bintang satu di pundak itu diterima sesuai dengan tradisi yang ada di lingkungan Kodam IX/Udayana sebagai warga Praja Raksaka. Penerimaan menggunakan tradisi ini guna menanamkan kebanggaan dan kecintaan terhadap Kodam IX/Udayana sebagai Prajurit Pelindung dan Pengayom Rakyat.

Kedatangan Brigjen TNI Sachono langsung disambut oleh lrdam lX/Udayana dilanjutkan pengalungan bunga dan pemberian handboquet dari Ketua Seksi Organisasi Persit KCK PD IX/Udayana kepada Ny Lusi Sachono di depan pintu gerbang Makodam IX/Udayana.

Usai menerima penghormatan dari Regu Diskam Makodam IX/Udayana, Brigjen TNI Sachono didampingi istri selanjutnya melakukan prosesi tradisi dengan dituntun oleh Penari Hanoman yang berjalan melewati pasukan tradisional dari Provinsi Bali, NTB dan NTT, sebagai tanda bahwa wilayah tugas Kodam IX/Udayana membawahi tiga provinsi tersebut.

Setelah melewati pasukan tradisional, perwira tinggi alumni Akmil 1991itu bersama istri kemudian disambut oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto beserta seluruh pejabat utama sebelum akhirnya menuju Ruang Airlangga untuk menerima paparan dari para asisten Kasdam IX/Udayana terkait dengan program kerja Kodam IX/Udayana.

Selama berdinas, Brigjen TNI Sachono pernah menjabat sebagai Danbrigif 7/RR, Danrindam III/Slw, Danrem 152/Bbl, Staf Ahli Pangdam IV/Dip, Dirbinsismet Pusterad, Asops Kaskogabwilhan II, hingga Danpusdikpengmilum Kodiklatad. Sementara, Brigjen TNI Harfendi akan melanjutkan kariernya sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Polkamnas.

Disisi lain, kemarin pagi Brigjen TNI Harfendi berpamitan dengan seluruh jajaran. Brigjen Harfendi menyampaikan rasa bangganya pernah bertugas di Kodam IX/Udayana dengan luas wilayah yang terdiri dari tiga provinsi, yaitu Bali, NTB dan NTT dengan kateristik budaya dengan keunikan adat daerah masing-masing.

"Saya juga merasa terhormat dan bangga bisa bersama rekan-rekan bertugas di Kodam IX/Udayana yang begitu saling percaya. Terlebih dibawah kepemimpinan Bapak Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, yang menciptakan suasana kerja begitu tenang dalam setiap menghadapi tugas," ungkapnya.

Brigjen Harfendi juga menyampaikan kesannya selama hampir satu setengah tahun bertugas di Kodam IX/Udayana, bahwa rasa toleransi antar umat beragama yang begitu baik dihadapkan dengan budaya berbeda masing-masing daerah yaitu Bali, NTB dan NTT yang merupakan wilayah Kodam IX/Udayana.

"Terima kasih atas kerja samanya selama ini. Saya bersama keluarga mohon maaf bila ada kekurangan baik disengaja maupun tidak disenggaja selama bertugas di Kodam IX/Udayana. Kami mohon doa restu dan pamit untuk berangkat ke tempat tugas yang baru di Mabesad," tandasnya. *pol

Komentar