nusabali

Perbekel Abang Umumkan Pemenang Lomba Cipta Puisi dan Cerpen

  • www.nusabali.com-perbekel-abang-umumkan-pemenang-lomba-cipta-puisi-dan-cerpen

AMLAPURA, NusaBali
Perbekel Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem I Nyoman Sutirtayasa mengumumkan pemenang lomba cipta puisi dan cerpen antar siswa SMP di gedung serbaguna Banjar Abang Kelod, Minggu (18/9).

Lomba cipta puisi dengan 89 peserta dan lomba cerpen dengan 24 peserta. Pemerintah Desa Abang menggelar lomba untuk memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan. Nyoman Sutirtayana mengaku sosialisasikan lomba cipta puisi dan cerpen ke sekolah-sekolah SMP di Desa Abang. Selanjutnya, para siswa diberikan pelatihan menulis puisi dan cerpen dengan mendatangkan I Nyoman Agus Sudipta sebagai narasumber. Setelah dapat pembekalan, para peserta mengirimkan naskah puisi maupun cerpen ke panitia dari tanggal 1-10 September. “Hasil penilaian juri kami umumkan hari ini,” ungkap Nyoman Sutirtayana.

Mantan guru di SMKN 1 Abang ini menambahkan, melihat peserta cukup banyak, Nyoman Sutirtayasa menilai pendidikan literasi di Desa Abang ada kemajuan. Dewan juri mencari empat besar dari total 89 peserta. Juara I cipta puisi diraih Ni Kadek Santi Sanyasih, juara II Desak Gede Ratih Muliani, Ni Wayan Noviantari, dan juara IV Ni Komang Ayu Astuti. Keempatnya adalah siswa SMPN 1 Abang.  

Tiga pemenang cerpen juga dari SMPN 1 Abang masing-masing juara I Ni Luh Oktaviyanti, juara II Ni Luh Putu Luyanti, dan I Dewa Gede Andika Adi Putra. “Pemenang yang masuk 10 besar masuk dalam komunitas sastra Desa Abang, mereka akan kami bina secara intensif,” ungkap Nyoman Sutirtayana.

Dewan juri I Nyoman Agus Sudipta mengatakan, kebanyakan siswa yang menulis puisi tanpa menuangkan idenya sendiri, mencari puisi di internet. Dalam menulis cerpen, mestinya menuangkan pengalaman selama jadi siswa. “Terpenting ada yang berani menuangkan idenya walau di dalam cerpen itu belum muncul permasalahan atau konflik yang ditulis,” jelas Agus Sudipta. *k16

Komentar