nusabali

Perumda Salurkan Bantuan Air Bersih ke Desa Seraya Timur

  • www.nusabali.com-perumda-salurkan-bantuan-air-bersih-ke-desa-seraya-timur

AMLAPURA, NusaBali
Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Banjar Bukit Catu, Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem, Minggu (18/9).

Warga di Banjar Bukit Catu tidak tersentuh pelayanan Perumda Tirta Tohlangkir karena lokasinya di puncak bukit. Perumda menggunakan mobil tangka untuk bawa air ke Banjar Bukit Catu.

Direktur Perumda Tirta Tohlangkir I Komang Hariada Parwata mengatakan, ada pengaduan dari masyarakat dan minta pelayanan air bersih karena Banjar Bukit Catu kesulitan air. Perumda Tirta Tohlangkir belum mampu memberikan pelayanan ke Banjar Bukit Catu karena di puncak bukit dan pemukiman warga terpencar. Berdasarkan survei, Banjar Tinjalas, Banjar Tanah Barak, dan Banjar Tukad Buah di Desa Seraya Timur juga tidak terjangkau layanan Perumda Tirta Tohlangkir.

Selama ini warga mencari air di dekat pantai. Jalan kaki sejauh 3 kilometer turun dari Bukit Kejurnas. Sehari, turun ke dekat pantai bisa dua kali hanya untuk memenuhi kebutuhan air minum, mencuci piring, dan mandi. Warga Banjar Bukit Catu, I Nyoman Patra mengaku tiap hari turun bukit mencari air untuk kebutuhan sehari-hari. “Di sini tidak ada yang jual air, tidak ada yang memberikan pelayanan hingga ke puncak bukit,” ungkap Nyoman Patra.

Perbekel Desa Seraya Timur I Made Pertu mengapresiasi pelayanan air bersih gratis yang diberikan Perumda Tirta Tohlangkir. “Setiap musim panas, warga di Banjar Bukit Catu mengalami masalah air. Selama musim hujan mengandalkan air hujan,” ungkap Made Pertu. Sementara Kabag Teknik Perumda Tirta Tohlangkir Ida Bagus Sudirga mengatakan, selain melayani air bersih bagi desa yang tidak dapat pelayanan, Perumda Tirta Tohlangkir juga melakukan perbaikan pipa pecah dan pipa patah sehingga pelayanan terganggu di sejumlah desa.

Pipa 6 dim yang pecah di Banjar Wangsean, Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen mengakibatkan pelayanan untuk Desa Talibeng, Desa Tri Eka Buana, dan Desa Kerta Buana terganggu. Sementara pipa 4 dim di Banjar Yehkali, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem dan pipa 4 dim rusak di Banjar Mijil, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen menyebabkan pelayanan terganggu di Desa Sangkan Gunung dan Desa Tangkup. *k16

Komentar