nusabali

Bupati Karangasem Buka LT3 Pramuka Penggalang

  • www.nusabali.com-bupati-karangasem-buka-lt3-pramuka-penggalang

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem, I Gede Dana, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Karangasem membuka Lomba Tingkat (LT) III Penggalang, Dianpinrung (Gladian Pimpinan Barung), dan Raimuna Cabang Penegak Tingkat Kabupaten Karangasem di Lapangan Yowana Wijaya, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Minggu (18/9) sore.

Dianpinrung dan LT3 untuk menjaring siswa berbakat di tingkat Siaga dan Penggalang sebagai wakil Karangasem pada lomba tingkat Provinsi Bali. Lomba digelar selama dua hari, Senin dan Selasa (19-20/9).

Usai pembukaan, seluruh peserta dari tingkat Siaga, Penggalang, dan Penegak melakukan kemah di Lapangan Yowana Wijaya. “Selama kemah agar seluruh peserta menjaga kondisi dengan baik. Semoga tidak turun hujan. Jika terjadi hujan, semuanya masuk GOR Gunung Agung,” ungkap Bupati Gede Dana. Menurut bupati, Pramuka sangat penting untuk mendidik disiplin dan mental siswa sebagai anak bangsa penerus pembangunan dan pewaris negeri. “Acara ini bisa digunakan untuk mempererat persaudaraan antar anggota se-Karangasem. Para pembina agar mendampingi siswanya sehingga semangatnya tetap terjaga,” pinta Bupati Gede Dana.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika mengatakan, khusus tingkat Siaga digelar Dianpinrung (gladian pimpinan barung) dan LT III untuk tingkat Penggalang. Lomba yang digelar di antaranya yel-yel, pionering, reportase giat, bela negara, halang rintang, peta pita, peta panorama, sandi, masak rimba, menaksir tinggi dan lebar, semboyan dan morse, dan lainnya. Ida Bagus Putu Suastika yang juga Asisten III Setda Karangasem melaporkan, Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem juga dinobatkan sebagai juara umum dalam BSC (Bali Scott Competition) III Tingkat Provinsi Bali, Agustus lalu. Sebagai juara umum berhak atas piala bergilir Gubernur Bali. “Itu artinya Karangasem sebagai pembina Pramuka terbaik di Bali. Ini patut disyukuri dan kualitas pembinaannya ditingkatkan,” jelas Ida Bagus Putu Suastika.

Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem I Wayan Sarya mengapresiasi kerja keras para Pembina yang mampu melahirkan prestasi untuk Karangasem. “Kualitas pembinaan Pramuka di Karangasem telah merata sehingga tidak sulit menyeleksi peserta untuk diandalkan dalam lomba tingkat Provinsi Bali,” kata Wayan Sarya. Prestasi yang diraih Karangasem dari tingkat Siaga, Penggalang, dan Penegak. “Level persaingannya bukan lagi tingkat Provinsi Bali, bahkan ke tingkat nasional dibuktikan beberapa kali juara nasional,” ungkap Ketua Majelis Pembimbing Gugus SMPN 2 Abang ini. *k16

Komentar