nusabali

Bupati Suwirta Ajukan Proposal Infrastruktur

Dampingi Menparekraf Kunjungi Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ajukan-proposal-infrastruktur

SEMARAPURA, NusaBali
Guna mempercepat pemulihan industri pariwisata di Kabupaten Klungkung pasca pendemi Covid-19, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dampingi Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (17/9).

Destinasi wisata yang dikunjungi, di antaranya Kelingking Beach, Angel Billabong, dan Broken Beach. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku sangat terkejut setelah mengunjungi objek-objek wisata di Nusa Penida, apalagi saat ini kunjungan wisatawan sangat meningkat ada sekitar 3.000 – 5.000 wisatawan mancanegara.

Sandiaga Uno juga menambahkan terkait kelengkapan untuk menunjang perkembangan pariwisata baik dari insfrastruktur jalan maupun air di Nusa Penida ini akan segera ditindaklanjuti. Pihaknya juga berharap Nusa Penida ini akan menjadi jangkar atau disebut berlian segitiga emas titik ungkit dari Kabupaten Klungkung. Untuk kedepan Menparekraf juga berencana akan mengembangkan kendaraan listrik di Nusa Penida sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). "Mari bersama-sama jaga potensi yang ada di Nusa Penida baik itu potensi alam maupun budayanya. Mudah-mudahan perkembangan pariwisata semakin meningkat untuk memulihkan kembali perekonomian masyarakat," harapnya.

Pada kesempatan itu Bupati Suwirta sangat menyambut baik kedatangan Menparekraf. Secara singkat, Bupati juga menjelaskan kondisi saat ini di Nusa Penida. Pihaknya berharap agar Menparekraf bisa segera berkoordinasi dengan Menteri terkait untuk membantu penanganan infrastruktur jalan, listrik maupun air, sebab Nusa Penida merupakan titik ungkit Kabupaten Klungkung.

Perencanaan one gate one destination juga akan dikembangkan, sehingga nantinya wisatawan yang berkunjung cukup dikenakan satu retribusi untuk menikmati satu tempat destinasi.

Selain itu, Bupati juga meminta agar pelaku wisata bisa bersama-sama melaksanakan tugas dan kewajiban menjadi pelaku pariwisata yang baik, sopan dan santun sesuai dengan slogan Gema Santi. "Mari bersama-sama tetap selalu bersyukur, tetap semangat dan mudah-mudahan dengan kunjungan Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ) ke Nusa Penida ini nantinya dapat memberikan dukungan untuk perkembangan pariwisata," harap Bupati Suwirta.

Turut hadir, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Anak Agung Putra Wedana, dan Camat Nusa Penida I Komang Widiyasa Putra.*wan

Komentar