nusabali

Dinas PUPR Perbaiki Bahu Jebol di Sibang Gede-Angantaka

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-perbaiki-bahu-jebol-di-sibang-gede-angantaka

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung, bertindak cepat memperbaiki bahu jalan jebol yang jebol di Desa Sibang Gede menuju Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal.

Bahu jalan jebol sekitar 5 meter, setelah sebuah truk terperosok. Sejumlah pekerja terlihat tengah membuat senderan di area bahu jalan yang jebol tersebut, Minggu (18/9). Pembangunan senderan dilakukan lantaran pada titik itu terjadi kerusakan parah akibat truk terperosok pada Jumat (16/9) lalu. Selama pengerjaan, kendaraan melintas terpaksa harus bergantian, sebab setengah badan jalan ditutup.

Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan pengerjaan perbaikan bahu jalan akan dikebut, lantaran kawasan tersebut merupakan jalur yang cukup padat, terutama pada jam sibuk. Ditargetkan pengerjaan rampung sepeken ke depan. Untuk pengerjaannya dilakukan menggunakan sistem swakelola.

“Untuk pekerjaan perbaikan jalan ini, pertama yang dilakukan adalah membangun senderan. Kemudian dilanjutkan dengan pengurugan dan pemadatan. Setelah rata baru akan dilakukan pengaspalan,” jelas Surya Suamba.

Birokrat asal Tabanan tersebut membeberkan, bahu jalan yang jebol itu disebabkan adanya truk hilang kendali saat melintas beberapa waktu lalu. Truk tersebut pun terjatuh di area lahan kosong. Menurutnya, kerusakan bahu jalan yang diakibatkan oleh insiden tersebut mencapai panjang 5 meter.

Disinggung mengenai penggunaan biaya perbaikan, Surya Suamba menjelaskan seluruh proses perbaikan ini menggunakan anggaran pemeliharaan jalan. Namun pihaknya belum dapat memperkirakan total penggunaan anggaran, hingga perbaikan selesai. “Belum dihitung berapa habisnya, karena masih berjalan perbaikannya,” katanya. *ind

Komentar