nusabali

Bunda Paud Resmikan TPA Negeri Gianyar

  • www.nusabali.com-bunda-paud-resmikan-tpa-negeri-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Bunda Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra alias Dayu Surya, meresmikan Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri Gianyar, di Jalan Manik, belakang Kantor Bupati Gianyar, Jumat (16/9).

TPA Negeri ini diklaim pertama dan satu-satunya di Bali. Bunda Paud Dayu Surya didampingi Bupati Gianyar I Made Mahayastra. Dayu Surya dalam sambutannya mengatakan layanan Paud harus menjadi perhatian serius. TPA sebagai lembaga sosial berfungsi untuk menunjang keluarga dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak. “Mengingat pentingnya Taman Penitipan Anak, maka saya berkomitmen dan berinovasi, dalam mendukung tumbuh kembang dan pola asuh anak dengan membangun TPA Negeri Gianyar,” katanya.

TPA Negeri Gianyar didirikan guna untuk terjaminnya tumbuh kembang anak, tersedianya kesempatan bagi anak untuk memperoleh kelengkapan asuhan, perawatan, pembinaan dan pendidikan. TPA Negeri Gianyar dibangun di atas lahan seluas 228,1 m2. Menggunakan sumber dana dari dana PEN dan APBD Kabupaten Gianyar tahun 2021 sebesar Rp 2.548.530.520, dengan rincian pembangunan gedung sebesar Rp 1.066.787.500 dan perlengkapan lainnya sebesar Rp 1.481743.020.

Taman ini dilengkapi fasilitas seperti taman bermain dan belajar, ruang makan, ruang tidur, serta ruang perawatan. Bupati Gianyar I Made Mahayastra mengatakan perancangan TPA Negeri Gianyar sudah dirancang sejak 2 tahun lalu, dengan tujuan utama agar anak-anak para ASN dan pegawai Pemkab Gianyar yang tidak mempunyai waktu mengasuh anak dan tidak memiliki pengasuh dapat memperoleh kelengkapan asuhan, perawatan, pembinaan dan pendidikan mulai sejak dini.

Kedepannya tidak menutup kemungkinan anak-anak TNI/Polri di Gianyar juga menitipkan anak-anak mereka di TPA Negeri Gianyar ini. *nvi

Komentar