nusabali

Pasar Nyanggelan Panjer Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Jadi Pasar Paling Aman dari Bahan Berbahaya di Indonesia

  • www.nusabali.com-pasar-nyanggelan-panjer-raih-penghargaan-tingkat-nasional

DENPASAR, NusaBali
Pasar Nyanggelan, Kelurahan Panjer Denpasar Selatan terpilih menjadi pasar paling aman dari bahan berbahaya tingkat nasional.

Penghargaan Pasar Aman Berbasis Komunitas tersebut diselenggarakan Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.   Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPPOM) Denpasar, Made Bagus Gerametta yang diterima Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana didampingi Kepala Pasar Nyanggelan Desa Adat Panjer, Wayan Darmana pada Rangkaian Kegiatan Pengawalan Keamanan Pangan di Hotel Padma Legian Bali, Kamis (15/9).

Selain Pasar Nyanggelan, Juara II diraih Pasar Mayestik Jakarta Selatan DKI Jakarta dan Juara III ditempati Pasar Niten Bantul Yogyakarta.
 
Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Rita Endang mengatakan pemenang penghargaan pasar aman dinilai dari hasil kajian dan survei. Kegiatan ini dilakukan untuk pemeriksaan keamanan pangan guna menjamin kualitas mutu pangan pada saat ini.
 
“Penilaian pasar aman dilakukan untuk memastikan mutu makanan yang dijual. Hal ini sesuai dengan program BPOM gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (GerMas saPa),” ujar Rita saat membuka acara secara Daring melalui zoom.
 
Sementara itu, Sekda Kota Denpasar IB. Alit Wiradana menyampaikan penghargaan yang diberikan kepada Pasar Nyanggelan memberikan dampak positif terhadap kepercayaan masyarakat dan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, masyarakat merasa aman untuk berbelanja kebutuhan pangan yang dikonsumsi.
 
“Prestasi sebagai  Pasar Aman ini melengkapi prestasi yang telah diraih Pasar Nyanggelan sebelumnya yakni Pasar berstandar  SNI, Pasar Sehat, Pasar Bersih, dan Inovasi terbaru Pokok UJI BABE yang menjadikan Pasar Nyanggelan tempat pengujian sampel makanan,” ujar Alit Wiradana.
 
Mengenai keberhasilan Pasar Nyanggelan menjadi Pasar Paling Aman dari bahan berbahaya, Kepala Pasar Nyanggelan, Wayan Darmana menyampaikan Pasar Nyanggelan sejak tahun 2017 sudah melakukan sosialisasi tentang penerapan pasar aman. Oleh karena itu saat tim verifikasi melakukan penilaian hasil sampling dari penelitian dan pengujian BPOM Pasar Nyanggelan nol dari bahan berbahaya.
 
“Penghargaan ini memberikan perlindungan dan jaminan kepada konsumen bahwa pangan yang dijual di Pasar Nyanggelan aman dari bahan berbahaya seperti, Formalin, Boraks, Rodamin B dan Methanyl Yellow,” ujarnya. *mis

Komentar