nusabali

Penipu Meminta Uang Atas Nama Bupati Badung

  • www.nusabali.com-penipu-meminta-uang-atas-nama-bupati-badung

MANGUPURA, NusaBali
Nama Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dicatut oleh orang tak dikenal, yang mengaku sebagai ajudan, untuk meminta sejumlah uang.

Telepon penipuan disertai dengan beberapa chat itu viral di beberapa media sosial, termasuk akun instagram resmi Diskominfo Badung.

Dalam postingan Diskominfo Badung dengan caption ‘Waspada penipuan mengatasnamakan Ajudan Bupati Badung. Oknum ini meminta sejumlah uang atas nama Bupati’. Terlihat video percakapan antara penipu dengan orang yang dijadikan sasaran. Dalam video tersebut, terdengar seseorang yang menelepon dan mengaku bersama bupati. Penelepon mengaku ajudan bupati dan meminta pinjaman uang. Selain video, ada juga bukti chat yang dikirimkan pelaku.

Menanggapi kejadian tersebut, Bupati Giri Prasta mengaku belum pernah menemukan kasus yang mengatasnamakan dirinya. “Ini saya baru tahu. Untuk kasus penipuan saya tidak pernah kena. Namun untuk kasus yang mengatasnamakan saya, saya tidak tahu,” ujarnya, Kamis (15/9).

Menurutnya, penipuan tersebut jelas membohongi masyarakat. Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu pun meminta agar masyarakat tidak asal percaya jika ada seseorang yang mengatasnamakan dirinya. “Di zaman teknologi ini, kepada masyarakat agar melakukan kroscek jika mendengar atau melihat sesuatu yang belum pasti,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan pengembangan digital besar kemungkinan memunculkan tindak kejahatan di luar jangkauan masyarakat secara umum. Pihaknya pun menegaskan agar masyarakat memiliki ketelitian dan kewaspadaan terkait penipuan macam ini.

“Jadi sekali lagi saya imbau jika ada persoalan apapun, jangan percaya dulu. Kroscek kebenarannya dan dipastikan. Jangan sampai di era yang susah ini penipuan makin banyak,” pesan Bupati Giri Prasta. *ind

Komentar