nusabali

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Lomba Resume Buku Bacaan

  • www.nusabali.com-dinas-perpustakaan-dan-kearsipan-gelar-lomba-resume-buku-bacaan

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Karangasem menggelar lomba resume buku bacaan tingkat SMP, Rabu (14/9).

Lomba yang digelar di ruang perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Karangasem ini diikuti 11 siswa. Setiap siswa diberikan satu buku untuk diresume. Resume diketik langsung di computer. Panitia menyediakan waktu dua jam untuk membuat resume buku bacaan.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Karangasem, I Wayan Putu Laba Erawan, mengatakan lomba resume buku bacaan merupakan yang pertama kali. Lomba ini untuk membangkitkan minat baca dan memajukan literasi di Karangasem. “Saya mengapresiasi semangat siswa yang semangat ikut lomba. Ini awal yang baik di bidang literasi,” ungkap Laba Erawan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Karangasem menunjuk I Wayan Kerti (guru SMPN 1 Bebandem), Ni Wayan Adnyani (guru SMAN 1 Bebandem), dan I Nyoman Agus Sudipta (guru SMAN 2 Amlapura) sebagai juri. Sementara ketua panitia dipercayakan kepada I Gede Sandi.

Salah seorang juri, Agus Sudipta mengingatkan peserta lomba meresume buku harus ada identitas buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun penerbitan, cetakan, nomor ISBN (international standar book number), dan tebal buku. “Tiap bab mesti diresume dengan bahasa komunikatif, bukan mengutip yang ada di buku,” pesan Agus Sudipta. Hasil penjurian, Agus Sudipta mengatakan rata-rata kelemahan siswa pada ejaan. Masih kurang menemukan ide pokok, lemah dalam penggunaan tanda baca, tanda hubung, awalan, dan penulisan bahasa kurang komunikatif. “Hanya dalam dua jam membaca dan langsung meresume buku, termasuk hebat dalam literasi,” kata Agus Sudipta.

Buku yang diresume setebal 97 halaman. Kelemahan lainnya, banyak hasil resume siswa salah ketik, tidak dicek ulang sebelum hasil karyanya diserahkan ke dewan juri. Setelah melakukan penilaian, dewan juri memutuskan lima pemenang yakni juara I Ni Putu Tarania dari SMPN 2 Amlapura, juara II Ni Komang Dita Widiantari dari SMPN 3 Amlapura, juara III Ni Putu Deriva Sarastiani dari SMPN 1 Amlapura, juara IV Qabiatul Zahwa dari SMP Muhammadiyah Amlapura, dan juara V I Komang Agus dari SMPN 3 Amlapura. Para pemenang mendapatkan trofi dan bingkisan yang diserahkan langsung oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Karangasem. Laba Erawan. *k16

Komentar