nusabali

Gerbong Mutasi Bergerak Lagi di Pemkab Gianyar

Kadis 'Karatan' Dikabarkan akan Dikandangkan

  • www.nusabali.com-gerbong-mutasi-bergerak-lagi-di-pemkab-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Sejumlah Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkungan Pemkab Gianyar akan dirotasi alias dimutasi.

Sedikitnya 7 pejabat eselon II telah diuji kompetensi. Kadis karatan alias yang menjabat lebih dari lima tahun kabarnya akan dikandangkan. Rotasi jabatan informasinya akan berlangsung pada, Kamis (15/9) hari ini.  Informasi yang beredar 7 pejabat eselon II yang telah mengikuti uji kompetensi, di antaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ni Wayan Mirnawati, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Anak Agung Gde Putra, Kepala Dinas Sosial Anak Agung Putri, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Luh Gede Eka Suary, Kepala Dinas Kominfo Anak Agung Suryadiputra, Kepala Dinas Perhubungan I Wayan Suamba, dan Staf Ahli Bupati Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani.

Informasi yang diterima Staf Ahli Bupati Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani yang juga istri Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra dikabarkan akan menduduki kursi Kepala Disperindag Gianyar. Sementara AA Suryadiputra yang kini menjabat Kadis Kominfo dikabarkan akan menduduki posisi Kadis Lingkungan Hidup, AA Gde Putra yang kini Kadis Pariwisata Daerah ke Asisten III, dan I Wayan Suamba yang sekarang Kadis Perhubungan ke Dinas Pariwisata. Selebihnya masih misterius.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Gianyar Wayan Wirasa membenarkan bahwa akan ada rotasi pejabat eselon II dan juga dilakukan pengisian untuk jabatan administrator (eselon III). Dikatakannya, uji kompetensi dan evaluasi sudah dilaksanakan pada 20 Agustus 2022 lalu oleh panitia seleksi yang diketuai oleh Dewa Gede Alit Mudiarta.

Selain itu, Tim Pansel juga terdiri dari 2 orang akademisi, yakni Prof Dr IB Wyasa Putra SH MHum, Drs Supriadi MPSi serta 1 orang dari unsur pengawasan, yaitu I Wayan Sugiada SH MH. "Hasil uji kompetensi tersebut telah dilaporkan ke KASN untuk mendapat rekomendasi persetujuan," jelas Wirasa, Rabu (14/9).

Wirasa mengatakan pelantikan akan segera dilaksanakan. “Tahapan seleksi telah kita laksanakan sesuai prosedur, persetujuan dan rekomendasi telah kita dapatkan dari KASN, astungkara pelantikan akan segera dilaksanakan,” kata Wirasa. Sesuai aturan dan rekomendasi dari KASN, untuk meningkatkan kinerja para pejabat ini akan mendapatkan pembinaan melalui kontrak kinerja agar target kinerjanya terukur, peningkatan kompetensi, dan evaluasi kinerja setelah masa 1 tahun.

Untuk pengisian beberapa jabatan yang kosong di beberapa OPD setelah ditinggal pensiun oleh pejabat yang lama, Wayan Wirasa belum bisa memastikan. Pihaknya akan melaporkan hal tersebut lebih lanjut ke Bupati Gianyar Made Mahayastra. Termasuk jabatan baru para pejabat yang mengikuti uji kompetensi masih dirahasiakan. *nvi

Komentar