nusabali

Gandeng BNN Bali, UKM Multimedia Unmas Launching Film 'Kasta'

  • www.nusabali.com-gandeng-bnn-bali-ukm-multimedia-unmas-launching-film-kasta

DENPASAR, NusaBali
UKM Multimedia Universitas Mahasaraswati (Unmas) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali menggarap film remaja berjudul 'Kasta'.

Pemutaran perdana film dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar, Selasa (13/9) siang.  'Kasta' bertutur soal pentingnya generasi muda menjalani perilaku yang tidak menyimpang agar masa depannya gemilang.

Sutradara 'Kasta' dan pembina UKM Multimedia Unmas, I Gde Yudhi Hendrawan, menyampaikan pihaknya ingin menyampaikan pesan-pesan tersebut melalui media yang lebih atraktif, yaitu film. "Yang dirasa lebih menarik oleh rekan-rekan kaum muda," kata Yudhi seusai pemutaran perdana film.

'Kasta' yang berdurasi 1 jam 11 menit, ujar Yudhi, berkisah tidak jauh dengan kehidupan anak muda pada umumnya yakni terkait kehidupan asmara. Dalam film digambarkan bagaimana selain agama, kasta (status sosial) juga menjadi prahara tersendiri dalam kehidupan percintaan. Selain soal kasta tersebut, diselipkan pula bahaya penyalahgunaan narkoba yang bisa menghancurkan masa depan generasi muda.

"Selagi kamu menikmati masa muda, kamu juga harus memikirkan masa depan," kata Yudhi yang juga dosen Ekonomi Unmas.

Kepala BNN Bali Brigjen Pol Gde Sugianyar Dwi Putra yang turut menghadiri penayangan perdana film memberikan apresiasi atas karya civitas Unmas. Ia mendorong agar kampanye menarik melalui film bisa terus dilakukan. Menurutnya cara penyampaian yang menarik sangat penting agar pesan yang ingin disampaikan nantinya bisa diterima khususnya oleh generasi muda.

"Pesan-pesan yang disampaikan juga tentunya disesuaikan dengan isu kekinian," ujar Brigjen Pol Gde Sugianyar.  Ia mengungkapkan, ini untuk pertama kali pihaknya menggandeng perguruan tinggi dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada generasi muda. Ia menegaskan BNN tidak saja sebagai lembaga penegak hukum namun juga memberikan edukasi, rehabilitasi, dan pemberdayaan masyarakat.

Rektor Universitas Mahasaraswati, Dr I Made Sukamerta, MPd, menyatakan UKM Multimedia Unmas diharapkan bisa menyampaikan program-program kampus maupun pemerintah yang terkait dengan kepentingan masyarakat luas. "Kita akan membuat konten-konten baik untuk kepentingan kampus maupun masyarakat," ujarnya.

Film Kasta yang diperankan seluruhnya oleh mahasiswa Unmas akan ditayangkan mulai 13-17 September 2022 di Gedung Dharma Negara Alaya. Masyarakat umum dikenai tiket masuk Rp 50 ribu, sudah bisa menikmati film dan konsumsi. Adapun setiap harinya ada empat sesi penayangan dimulai pukul 11.00 Wita hingga berakhir pukul 18.30 Wita. *cr78

Komentar