nusabali

Peran Panwascam Sangat Strategis

Ariyani Minta Rekrutmen Dilakukan dengan Ketat

  • www.nusabali.com-peran-panwascam-sangat-strategis

DENPASAR,NusaBali
Jelang pembukaan pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Bawaslu Bali gelar rapat persiapan rekrutmen bersama Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu se- Bali, di Kantor Bawaslu Bali,Jalan Mohammad Yamin, Niti Mandala Denpasar, Selasa (13/9).

Rapat yang dihadiri oleh perwakilan KPU Bali ini, Bawaslu konsisten akan merekrut anggota Panwascam dengan proses ketat. Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani yang didampingi dua anggotanya, I Wayan Wirka dan I Ketut Sunadra menyampaikan rekrutmen Panwascam sesuai dengan Surat Ketua Bawaslu RI Nomor : 314 /HK.01.00/K1/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Tahun 2024 tertanggal 09 September 2022. Pedoman ini kemudian diturunkan terlebih dahulu ke Bawaslu Provinsi, lalu diteruskan kepada seluruh Bawaslu kabupaten/kota se-Bali.

Lebih jauh, Srikandi Bawaslu Bali ini menyampaikan, perekrutan harus dilakukan secara ketat. Salah satunya, Ariyani tidak menginginkan ada calon Panwascam yang nantinya tercatut namanya dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “Nanti seleksinya harus ketat, lakukan pengecekan secara menyeluruh, pastikan bahwa nama mereka tidak tercantum dalam Sipol,” ujar Ariyani dihadapan jajarannya.

Selain itu, Ariyani juga menegaskan bahwa Panwascam memiliki posisi dan peran yang strategis saat Pemilu. Pasalnya, salah satu kewenangan badan ad hoc ini bisa merekomendasikan Pemilihan Ulang ketika terjadi persoalan pada saat pemungutan suara.

“Untuk itu, rekrutmen nanti Bawaslu Kabupaten/Kota dapat menyeleksi dan memilih orang - orang yang punya kapasitas, kapabilitas, dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu,” pungkas mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Buleleng ini.*Nat

Komentar