nusabali

Pengelola PKBM Dharma Sedana Santhi Terima Anugerah Keaksaraan

  • www.nusabali.com-pengelola-pkbm-dharma-sedana-santhi-terima-anugerah-keaksaraan

AMLAPURA, NusaBali
Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dharma Sedana Santhi, I Wayan Pasek Sujena, menerima Anugerah Pegiat Pendidikan Keaksaraan 2022 di Raja Hotel Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (9/9) malam.

Anugerah Pegiat Pendidikan Keaksaraan diselenggarakan Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Riset dan Teknologi. Penghargaan diserahkan oleh Plt Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen Aswin Widhiyanto.

I Wayan Pasek Sujena menerima penghargaan bersama 18 pegiat keaksaraan lainnya. Ada 9 kategori, tiap kategori ada dua pemenang. Pengelola PKBM Dharma Sedana Santhi mendapat penghargaan kategori Pegiat Pendidikan Keaksaraan 2022 bersama Fatmawati Arisuddin dari Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Menurut Wayan Pasek Sujena, awalnya ada informasi dari Kemendikbudristek dan Teknologi, Jumat (5/8), tentang lomba untuk pegiat keaksaraan. Peserta harus mengisi blangko elektronik. Blangko berisi 13 pertanyaan menyangkut pengalaman mengelola pendidikan keaksaraan. Isi blangko dikirim melalui zoom meeting.

“Anugerah ini memotivasi saya untuk terus berkarya menuntaskan buta aksara di desa,” jelas perangkat Desa Gegelang, Kecamatan Manggis tersebut. Wayan Pasek Sujena juga mendapatkan penghargaan yang sama pada tahun 2019. Bersama sang istri, Ni Kadek Ayu Rinawati membina warga belajar bidang kesetaraan paket A, paket B, dan paket C. Selama ini melangsungkan pembelajaran pinjam gedung di SDN 4 Gegelang, Kecamatan Manggis dengan memberdayakan 14 tutor. Pembelajaran berlangsung sore hari setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. *k16

Komentar