nusabali

Bali Bagian Tengah Sudah Masuk Musim Hujan

  • www.nusabali.com-bali-bagian-tengah-sudah-masuk-musim-hujan

MANGUPURA, NusaBali
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mencatat Pulau Dewata saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Meski demikian, baru ada beberapa wilayah khususnya di Bali bagian tengah yang mengalami musim hujan. Bahkan musim hujan sudah terjadi sejak dasarian I atau awal September 2022. Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar, I Nyoman Gede Wirajaya, mengatakan awal musim hujan di Pulau Dewata sudah terjadi sejak dasarian I pada 1-10 September 2022. Namun hanya beberapa wilayah saja yang mengalami musim hujan lebih awal. Wilayah yang masuk awal musim hujan yakni pada Zona Musim (ZOM) 422 yang meliputi Tabanan bagian utara, Badung bagian utara, Gianyar bagian utara dan Bangli bagian tengah. “Sebagai prakiraan awal musim hujan di Provinsi Bali, sudah ada yang mulai memasuki musim hujan, khususnya di Bali bagian tengah,” katanya, Selasa (13/9).

Dijelaskan, setelah beberapa wilayah masuk musim hujan pada dasarian I, nantinya akan diikuti oleh Zona Musim lainnya. Dari prakiraan pada dasarian II pada 11-20 September 2022, ada beberapa Zona Musim lainnya yang juga sudah masuk musim hujan. “Untuk lebih jelasnya akan disosialisasikan prakiraan awal musim hujan dalam waktu dekat oleh Stasiun Klimatologi Bali. Jadi kami masih menunggu waktu sosialisasi. Seperti biasa nanti akan kami undang rekan-rekan media,” kata Wirajaya.

Disinggung adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di wilayah Denpasar dan Badung bagian Selatan dalam beberapa waktu terakhir, Wirajaya mengaku hal itu tidak terkait dengan awal musim hujan. Hal ini dikarenakan baru wilayah Bali bagian tengah saja yang sudah masuk musim hujan. “Meskipun musim kemarau, tetap ada hujan. Namun tidak seintensif saat musim hujan,” tegasnya. *dar

Komentar