nusabali

Skema Jemput Bola Disiapkan Percepat Pencairan BLT BBM

  • www.nusabali.com-skema-jemput-bola-disiapkan-percepat-pencairan-blt-bbm

SINGARAJA, NusaBali
Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) yang digelontor Kementerian Sosial RI terus didorong percepatan pencairannya.

PT Pos Indonesia sebagai penyalur bantuan selain menyiapkan belasan titik pencairan di kantor pos di masing-masing kecamatan, juga dilakukan dengan sistem jemput bola. Pencairan BLT BBM yang dimulai di Buleleng sejak tanggal 7 September 2022 lalu, hingga Selasa (13/9) kemarin, sudah mencapia 45 persen dari total penerima 46.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pencairan bantuan dengan sistem jemput bola diprioritaskan pada penerima bantuan yang mengalami kendala datang langsung ke lokasi pencairan bantuan.

Eksekutif Manajer Kantor Pos Singaraja Muhammad Saiful Hadi mengatakan pencairan bantuan dengan sistem jemput bola berjalan seiringan dengan pencairan di 19 titik kantor pos kecamatan hingga balai serba guna di beberapa desa. Pelayanan jemput bola diprioritaskan untuk warga lansia, warga sakit, penyandang disabilitas dan warga yang terkendala akses menuju tempat pencairan bantuan.

“Untuk mempercepat realisasi memang kami siapkan beberapa pola, sehingga bantuan pemerintah ini dapat terserap secara maksimal kepada target sasaran,” kata dia. Pemerintah pusat pun memberikan waktu pencairan bantuan selama 14 hari terhitung sejak hari pertama pencairan.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial & Penanganan Fakir Miskin Nyoman Mariani Febrianti seizin Kadisos Putu Kariaman Putra, mengatakan KPM yang mendapatkan BLT BBM, sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah pusat. Sejauh ini penyaluran bantuan sosial dari pemerintah masih bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BLT BBM disebut Mariani merupakan penebalan kesejahteraan dari bantuan yang sudah ada sebelumnya yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kami dari Dinsos hanya memfasilitasi penyampaian informasi ke pemerintah desa. Sedangkan penentuan penerima bantuan datanya langsung dari Kemensos RI turun ek PT Pos by name by addres,” papar Mariani.

Namun masyarakat yang ingin mengetahui status penerima bantuan tersebut dapat mengaksesnya di website resmi kemensos, https://cekbansos.kemensos.go.id. Masyarakat juga bisa datang langsung ke masing-masing Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di desa masing-masing dengan mengakses aplikasi Puskesos CGT. *k23

Komentar