nusabali

Rekor! Mahasiswa Baru ITB STIKOM Bali Tembus 1.534 Orang

Dr Dadang Hermawan: Dampak Transformasi ke IT yang Sangat Cepat

  • www.nusabali.com-rekor-mahasiswa-baru-itb-stikom-bali-tembus-1534-orang

DENPASAR, NusaBali.com – Rekor jumlah mahasiswa baru ditorehkan oleh ITB STIKOM Bali pada tahun akademik 2022/2023 ini. Tidak tanggung-tanggung, jumlah mahasiswa baru mencapai 1.534 orang atau mengalami pertumbuhan hingga 20 persen dari tahun akademik sebelumnya.

Sebanyak 1.534 mahasiswa baru (maba) itu mengikuti gelaran  Gema Mahasiswa Teknologi Informasi (GMTI) XXI bertempat di Lapangan Praja Raksaka, milik Kodam IX/Udayana, Kepaon, Denpasar Selatan, Selasa (13/9/2022). 

Dan pada kesempatan pembukaan GMTI XXI tersebut, para maba dilantik oleh Prof Dr I Made Bandem MA, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar  yang menaungi ITB STIKOM Bali. 

Dalam sambutannya Prof Made Bandem mengatakan dengan senang hati ITB STIKOM Bali  menerima 1.534 maba. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada anak-anakku sekalian karena telah menentukan pilihannya sendiri. Tanpa mengabaikan perguruan tinggi lain, pilihan menjadi mahasiswa ITB STIKOM Bali adalah pilihan yang sangat tepat,” kata Prof Made Bandem.

Menurut Bandem ada tiga hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, yakni teknologi, bisnis dan kebudayaan. “Ketiga hal itulah yang nanti adik-adik pelajari ITB STIKOM Bali,” kata Bandem.

Disebutkan, teknologi adalah sekumpulan disiplin ilmu yang dirangkum menjadi satu yang bisa meningkatkan nilai kehidupan kita. Ada teknologi sederhana dan ada yang sangat teknologi advanced seperti digital dan internet saat ini. 

Mengutip tokoh teknologi Indonesia,  mendiang Prof BJ Habibie, Bandem menyebut tiga jenis teknologi yakni teknologi perangkat berat seperti kapal terbang, mobil dan lainnya. 
Teknologi perangkat lunak seperti penciptaan komputer dan program-programnya, dan perangkat otak yakni penciptaan kecerdasan buatan untuk kehidupan di masa kini dan yang akan datang. 

Hal kedua adalah bisnis yang akan memberikan kesejahteraan pada kehidupan masyarakat, dan yang ketiga adalah kebudayaan yang berbasis kreativitas dan inovasi.

Menyinggung peningkatan jumlah maba tahun ini, menurut mantan Rektor ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta itu karena ITB STIKOM Bali sudah menerapkan sistem perkuliahan hybrid secara baik. 

“Mahasiswa bisa memilih kuliah secara daring atau datang langsung ke kampus. Selain itu juga ITB STIKOM Bali melaksanakan perkuliahan  dengan magang di luar negeri, ke Taiwan, ke Korea, ke Jepang dan ke Singapura dan itu yang menjadi daya tarik masyarakat,” urai Bandem.

Di tempat yang sama, Rektor ITB STIKOM Bali Dr Dadang Hermawan menjelaskan, jumlah mahasiswa baru sebanyak itu karena ada perubahan paradigma masyarakat. 

Di era pandemi sekarang ini transformasi perubahan masyarakat ke IT sangat cepat sehingga menjadi pendorong banyak mahasiswa baru tahun ini. “Ada kenaikan lebih dari 20 persen dibanding jumlah mahasiswa tahun lalu, sekitar 1.250 orang,” kata Dadang.

Selain itu, lanjut Dadang,  sosialisasi dan literasi yang dilakukan turut  menyebabkan kenaikan hingga 20 persen. 

“Ini menunjukkan transformasi masyarakat ke IT sangat baik dan kami sudah ada di zaman itu dan ini menggembirakan kami semua, baik rektorat maupun pendiri ITB STIKOM Bali,” terang Dadang Hermawan. 

Rekor maba sebanyak 1.534 orang tersebut mendapat apresiasi dari Pengawas Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, Drs Satrya Dharma. 

“Saya atas nama Yayasan memberi apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada teman-teman di ITB STIKOM Bali. Bahwa di tahun yang sulit ini karena pandemi, ITB STIKOM Bali mencatat prestasi yang luar biasa karena saya tahun ada beberapa perguruan tinggi lain malah jeblok, jumlah mahasiswanya turun, tapi justru di ITB STIKOM Bali jumlah mahasiswanya meningkat. Jadi saya sangat salut dengan kerja keras dari ITB STIKOM Bali,” kata Satrya Dharma.

Yang menarik dari GMTI atau Opspek ala ITB STIKOM Bali ini adalah ribuan mahasiswa baru itu secara kolosal mampu mementaskan Tari Kecak. 

Walaupun maba itu bukan hanya berasal dari Bali, melainkan mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Ketua Panitia  GMTI XXI ITB STIKOM Bali Gusti Bagus Arya Dwipayana menerangkan sebelum GMTI, sudah digelar kegiatan Pra GMTI untuk latihan baris-berbaris dan pentas kolosal Tari Kecak. 

“Mahasiswa baru ITB STIKOM Bali tidak hanya orang Bali tetapi juga ada dari Jawa, NTT, NTB dan daerah lain di Indonesia. Setelah latihan dua hari ternyata bisa, astungkara mereka bisa menari Kecak,” kata Gusti Bagus Aya Dwipayana. 

GMTI XXI ITB STIKOM Bali ini akan berlangsung hingga 15 September mendatang dengan berbagai materi dari para pejabat struktural ITB STIKOM Bali tentang kehidupan kampus. 


Distribusi Mahasiswa baru ITB STIKOM Bali Tahun Akademik 2022/2023
  • - Prodi Bisnis Digital :  298 orang
  • - Prodi Teknologi Informasi:  269
  • - Prodi Sistem Komputer:  196 orang
  • - Prodi Sistem Informasi: 720 orang
  • - Prodi Manajemen Informatika:18 orang
  • - Program Dual Degree International Class kerja sama dengan HELP University Kuala Lumpur:  24 orang 
  • - Program Dual Degree National Class  kerja sama dengan STT Bandung: 17 orang

Komentar