nusabali

Unud Pastikan Mahasiswanya dalam Kondisi Baik

Pasca 5 Mahasiswa Terjebak dalam Lift Kampus

  • www.nusabali.com-unud-pastikan-mahasiswanya-dalam-kondisi-baik
  • www.nusabali.com-unud-pastikan-mahasiswanya-dalam-kondisi-baik

DENPASAR, NusaBali
Pihak Universitas Udayana (Unud) buka suara soal insiden lima orang mahasiswanya terjebak dalam lift di Kampus Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) di Jalan PB Sudirman, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Barat, Minggu (11/9).

Kelima orang mahasiswa ini dilaporkan seluruhnya dalam keadaan baik, termasuk satu mahasiswa yang pada saat kejadian mengalami sesak napas.  Juru Bicara Unud, Putu Ayu Asty Senja Pratiwi, menjelaskan karena panik, mahasiswa (LPM Suara Satwa) langsung menghubungi BPBD Kota Denpasar tanpa menghubungi pihak kampus terlebih dahulu. Pihak BPBD Kota Denpasar pun melakukan evakuasi mengeluarkan mahasiswa yang terjebak dalam lift dengan menggunakan alat yang tersedia di sekitaran lokasi.

Disampaikan, organisasi mahasiswa LPM Suara Satwa FKH Unud meminjam Ruang Maxilla lantai 4 FKH Unud untuk acara Gladi Bersih Upgrading Anggota Muda LPM Suara Satwa pada tanggal 11 September 2022. Di sela-sela kegiatan organisasi mahasiswa LPM Suara Satwa sekitar pukul 13.23 Wita, delapan orang mahasiswa hendak menggunakan lift untuk naik ke lantai 4 Gedung FKH Unud. Namun karena over capacity pintu lift tidak dapat tertutup sehingga 3 orang mahasiswa keluar dari lift dan menuju lantai 4 menggunakan tangga.

Sedangkan lima orang mahasiswa lainnya tetap menggunakan lift untuk menuju ke lantai 4 Gedung FKH Unud. Lift sempat beroperasi beberapa detik, namun kemudian lift mendadak macet. "Sebelum kejadian ini lift beroperasi dengan baik," sebut Senja Pratiwi. Dia melanjutkan, karena panik mahasiswa yang berada dalam lift tersebut menekan tombol yang ada pada lift berulang kali dan berusaha menghubungi mahasiswa Iainnya yang berada di luar.

Sekitar pukul 13.26 Wita mahasiswa lainnya yang berada di luar mencoba untuk membuka pintu lift dari luar. Salah seorang mahasiswa FKH Unud yang pada saat itu berada di tempat kejadian juga mencoba menghubungi satpam dan menceritakan masalah lift macet yang sedang terjadi di Gedung FKH Unud.

Satpam segera menuju ke kampus Sudirman dan menghubungi staf BMN (Barang Milik Negara) yang juga segera menuju ke kampus Sudirman. Staf BMN pada saat itu juga langsung menghubungi teknisi lift. Satpam dan staf BMN tersebut sesampainya di Gedung FKH Unud, sudah mendapati pihak BPBD dan jurnalis cukup ramai berada di Gedung FKH Unud. Selain satpam dan staf BMN, Sub Koordinator Umum dan Keuangan FKH Unud juga turut hadir pada saat evakuasi tersebut.

"Teknisi lift tiba di Gedung FKH Unud tidak lama setelah mendapat telepon dari staf BMN," kata jubir yang juga dosen Prodi Sastra Inggris FIB Unud ini. Teknisi lift ketika tiba di Gedung FKH Unud segera mengecek kondisi lift dan didapati kondisi pintu lift sudah dalam posisi miring (tidak ada pada jalur rel) sehingga lift tidak dapat dibuka dengan baik.

Lima orang mahasiswa yang terjebak dalam lift sudah dapat dikeluarkan kurang lebih 45 menit dalam kondisi selamat. Satu orang mahasiswa mengalami sesak napas karena panik dan sudah ditangani dengan pemberian oksigen. "Pada hari ini (kemarin) Senin tanggal 12 September 2022, kelima orang mahasiswa tersebut dalam kondisi baik dan mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya," ungkap Jubir Unud ini.

Pihak kampus berharap di waktu selanjutnya ada kerjasama antara pengelola dan pengguna sarana prasarana di lingkungan Universitas Udayana (Unud) untuk bersama-sama menggunakannya sesuai dengan prosedur yang berlaku, demi keselamatan bersama dan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti diberitakan sebelumnya lima orang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH Unud) terjebak dalam lift kampus mereka yang terletak di Jalan PB Sudirman, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Barat, Minggu (11/9). Mereka terjebak dalam lift hampir satu jam lamanya, sehingga membuat salah satu mahasiswa sesak napas dan harus mendapat bantuan oksigen pasca dievakuasi. *cr78

Komentar