nusabali

Bupati Giri Prasta Ingatkan Peruntukan BUMDA dan BUMDes

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-ingatkan-peruntukan-bumda-dan-bumdes

MANGUPURA, NusaBali.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta meminta para bendesa dan perbekel untuk mengelola badan usaha milik ranah masing-masing dengan serius dan tepat guna.

Permintaan sekaligus pesan ini Giri Prasta sampaikan saat memimpin panen raya hasil kebun dan ikan program ketahanan pangan pemanfaatan lahan produktif terbengkalai di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Minggu (11/9/2022). 

Meski pesan tersebut secara eksplisit disampaikan kepada Bendesa Adat Dalung, Padang Luwih, dan Tuka, serta Perkebel Dalung, Giri Prasta memaksudkan pesan tersebut kepada seluruh bendesa dan perbekel di kabupaten yang ia pimpin.

“De gabeng! Pasar milik adat itu kalau ada aktivitas jual beli, perputaran ekonomi di sana sangat luar biasa,” cetus Giri Prasta.

Dalam pesannya tersebut, mantan Ketua DPRD Kabupaten Badung ini mewanti-wanti agar perangkat desa adat menjaga pasar milik adat dengan serius sebab bisa menjadi sumber pemasukan adat melalui Badan Usaha Milik Desa Adat (BUMDA). Keberhasilan pemanfaatan BUMDA tersebut dapat mendorong kemandirian ekonomi bagi lembaga adat.

“Pasar itu bisa dijadikan BUMDA bekerja sama dengan BUMDes,” ungkap Giri Prasta.

Lebih lanjut, politisi asal Pelaga, Kecamatan Petang ini juga mengingatkan ranah desa dinas untuk merealisasikan keberadaan BUMDes sesuai fungsinya.

“Perbekel, jangan sampai BUMDes itu bergerak di (koperasi) simpan pinjam. Salah itu,” pesan sang Bupati.

Menurut Giri Prasta, BUMDes seharusnya digerakkan ke arah penggalian dan pemanfaatan potensi desa bukan untuk usaha finansial yang tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari badan yang muncul akibat adanya peraturan dana desa ini.

Namun, untuk di Desa Dalung, lanjut Giri Prasta, sudah berjalan dengan baik lantaran BUMDes salah satunya sudah difungsikan untuk mengelola kebun ketahanan pangan yang hasil panennya diperuntukkan untuk warga kurang mampu. Selain itu, surplusnya juga akan disalurkan ke pasar rakyat sehingga mampu memberikan manfaat finansial kepada keuangan BUMDes. *rat

Komentar