nusabali

ICA Diminta Kembangkan Kuliner Lokal

  • www.nusabali.com-ica-diminta-kembangkan-kuliner-lokal

Pemkab berharap banyak mencoba mengolah berbagai jenis ikan di Nusa Penida.

KLUNGKUNG, NusaBali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak Badan Pengurus Cabang (BPC) Asosiasi Chef Indonesia atau Indonesian Chef Association (ICA) untuk mengembangkan berbagai jenis kuliner lokal yang ada di daerah itu.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta saat menghadiri Musyawarah BPC ICA Klungkung ke-1 di Klungkung, Bali, Sabtu, mengajak para chef handal tersebut untuk mengembangkan jenis kuliner yang diolah dari bahan-bahan hasil alam yang ada di Kabupaten Klungkung.

"Kami berharap asosiasi chef Indonesia dapat terus berinovasi menciptakan berbagai jenis masakan baru, karena dengan berinovasi, maka sektor hulu, seperti perikanan dan pertanian akan terus mengalami perkembangan dalam menciptakan maupun mencari bahan makanan yang dapat diolah," kata dia seperti dilansir Antara.

Mengenai bahan olahan dari ikan, Bupati Suwirta menyarankan agar asosiasi chef cabang Klungkung dapat mencoba mengolah berbagai jenis ikan yang terdapat di Nusa Penida, yang sudah mendapatkan predikat sebagai Kawasan Konservasi Perairan (KKP) yang memiliki keanekaragaman jenis ikan.

Sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam mengembangkan kuliner lokal, Bupati akan memfasilitasi penyediaan ruang bagi anggota Asosiasi Chef Indonesia.

"Mari menjalin koordinasi dan kerja sama yang baik antara ICA dengan Pemkab Klungkung dalam rangka mengembangkan kuliner lokal Klungkung," kata Nyoman Suwirta.

Sementara itu, Ketua Panitia Musyawarah Chef Indonesia Cabang Klungkung Putu Martawan menyatakan bahwa dalam penyelenggaraan MUSCAB ICA BPC Klungkung berjalan dengan lancar. Musyawarah tersebut mengangkat Ketua ICA BPC Klungkung periode 2022-2026 yakni Chef I Made Yogi Suarjana menggantikan Ida Bagus Gde Desimarta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua ICA Badan Pengurus Daerah (BPD) Bali Hendra Mahena meminta asosiasi chef Indonesia cabang Klungkung agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat agar segala kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan lancar. *

Komentar