nusabali

Wacana Relokasi Rutan Gianyar, Bupati Janjikan Lahan 2 Ha di Bitera

  • www.nusabali.com-wacana-relokasi-rutan-gianyar-bupati-janjikan-lahan-2-ha-di-bitera

Wacana relokasi atau pemindahan dengan tukar guling Rutan Kelas II B Gianyar, belakang Gedung DPRD Gianyar, kembali mencuat.

GIANYAR, NusaBali
Terkait rencana lokasi barunya, Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata menjanjikan lahan 2 hektare di wilayah Kelurahan Bitera, Gianyar.

Hal ini diungkapkan Kepala Kesatuan Keamanan Rutan Kelas II B Gianyar IB Duwikora Putra di Kantor Rutan, Jumat (21/4). Ia mengatakan, sekitar sebulan lalu Bupati Gianyar berkunjung ke Rutan Gianyar. Pada kesempatan tersebut Bupati mengatakan rencana tukar guling lahan Rutan. Rencana tukar guling ini sudah beberapa kali diwacanakan, namun hingga saat ini belum terealisasi. Sempat ada wacana pemindahan di Desa Petak, Gianyar. “ Pertama di Desa Petak, namun tempat ini ditolak katanya terlalu jauh," ungkap Duwikora seizin Kepala Rutan Gianyar Putu Astawa.

Mencuat pula wacana tukar guling lahan Rutan Gianyar ke Desa Temesi, Gianyar. Namun setelah ditinjau kawasan tersebut juga tidak sesuai. "Terakhir sekitar sebulan lalu, Bapak Bupati menjanjikan tukar guling dengan lahan seluas dua hektare di Bitera, namun sampai sekarang belum ada kejelasan," imbuhnya. Pihaknya berharap janji Bupati Gianyar bisa segera terealisasi.

Duwikora pun mengungkapkan, idealnya Rutan berada sekitar 5 km dari pemukiman penduduk. Sedangkan Rutan ini di tengah Kota Gianyar, bersebelahan dengan Kantor Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Gianyar dan Kantor DPRD Gianyar.

Rutan Gianyar dengan luas sekitar 4.400 meter persegi ini berkapasitas 44 orang. Saat ini terisi 92 orang, terdiri dari 45 tahanan dan 47 narapidana.*e

Komentar