nusabali

Anggaran Rp 2 Miliar, Perbaikan Jalan Lokapaksa Tuntas Oktober

  • www.nusabali.com-anggaran-rp-2-miliar-perbaikan-jalan-lokapaksa-tuntas-oktober

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng, mulai proses perbaikan jalan menuju Pantai Lokapaksa, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Buleleng.

Setelah sempat tertunda pengerjaannya akibat pandemi Covid-19, perbaikan jalan sepanjang 1,2 kilometer itu, akhirnya mulai dikerjakan pada tahun 2022 ini. Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra menyebutkan, peningkatan jalan di Desa Lokapaksa menuju kawasan pantai itu telah dikerjakan sejak Mei lalu dan ditargetkan tuntas pada Oktober 2022. "Perbaikan jalan Lokapaksa menuju pantai sudah dikerjakan. Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 2 miliar lebih," ujarnya, Jumat (9/9).

Proyek rehabilitasi jalan desa ini sebagai salah satu program prioritas untuk memberi kenyamanan pada warga khsusus yang tinggal di Desa Lokapaksa. Adapun proses perbaikan bukan hanya pada pengaspalan jalan, melainkan juga pembangunan drainase, pembetonan hingga pengerjaan tanah dan geosintetik.

Sementara itu, Perbekel Desa Lokapaksa, Putu Dodik Triana mengungkapkan, perbaikan jalan menuju pantai itu disambut antusias masyarakat. Pasalnya, jalan itu sebagai salah satu akses pendukung perekonomian masyarakat. Dari hasil pantauan, progres pengerjaan jalan sudah mencapai  65 persen.

"Kami berharap berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu," ujarnya. "Dengan fasilitas jalan yang baik dapat menopang atau menunjung perekonomian masyarakat Lokapaksa," imbuh Dodik.

Di sisi lain, Kelian Desa Adat Lokapaksa, I Gusti Made Sanjaya menuturkan pengaspalan jalan menuju pantai dan Pura Segara Lokapaksa ini juga memudahkan akses bagi pamedek yang akan bersembahyang. Mengingat Pantai Lokapaksa merupakan pantai yang biasa digunakan untuk upacara melasti dari berbagai desa.

Tak hanya itu, melalui perbaikan akses jalan, pihaknya akan bersinergi dengan Pemerintah Desa untuk menata pantai kawasan pantai. Diharapkan bisa menjadi destinasi masyarakat untuk berwisata. "Tahun ini stigma negatif yang berkembang akan kita rubah dengan adanya infrastruktur jalan yang bagus ini," sambungnya. *mz

Komentar