nusabali

Cetak Hattrick bagi Barcelona, Lewandowski Catat Rekor Baru

  • www.nusabali.com-cetak-hattrick-bagi-barcelona-lewandowski-catat-rekor-baru

BARCELONA, NusaBali
Robert Lewandowski menjelma jadi monster baru Barcelona. Pemain Polandia itu mencetak hatrrick saat Barca melumat Viktoria Plzen 5-1 pada matchday pertama Liga Champions 2022/2023 di Camp Nou, Kamis (8/9) dinihari WITA.

Hattrick Lewandowski tersebut sangat penting bagi Barcelona, sekaligus torehan spesial bagi pemain yang direkrut dari Bayern Muenchen itu. Yakni,  rekor baru dan langka di Liga Champions.

Menurut Opta, Lewandowski mengukir rekor sebagai pemain pertama yang mengemas hattrick untuk tiga klub berbeda di Liga Champions. Sebab belum pernah ada pemain yang melakukannya, termasuk Cristiano Ronaldo.

Lewandowski total mengoleksi enam hattrick di Liga Champions. Empat di antaranya tercipta saat Lewandowski di Bayern. Lalu Lewandowski membukukan dua hattrick lainnya masing-masing untuk Borussia Dortmund dan Barcelona.

Meskipun mengemas enam hattrick di Liga Champions, Lewandowski belum memecahkan rekor lainnya. Dia belum jadi penyumbang hattrick terbanyak di kompetisi antarklub paling elite di Eropa itu. Rekor di kategori tersebut masih jadi milik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, yakni sama-sama mengoleksi delapan hattrick di Liga Champions.

Namun Lewandowski selalu turun dalam empat laga pembuka Barcelona di Liga Spanyol. Pelatih Barca, Xavi Hernandez, juga memainkannya di Liga Champions, yang jadi debutnya bersama Blaugrana di kancah Eropa.

Dia butuh 34 menit untuk membuka pundi-pundi gol Eropa bagi Barcelona. Dia juga membukukan rekor sebagai pemain tertua yang mencetak gol pada debut di Liga Champions untuk Barca. Lewandowski menggandakan golnya saat injury time babak pertama. Dia melengkapi hattrick dengan kembali membobol jala lawan 20 menit sebelum bubaran.

Xavi Hernandez memuji Ousmane Dembele setinggi langit setelah tim besutannya berpesta gol 5-1 kontra Viktoria Plzen. Dembele juga berperan krusial membantu Lewandowski membukukan hattrick. *

Komentar