nusabali

Giri Prasta: Hanya Ada 10 LPD yang Sehat di Badung

  • www.nusabali.com-giri-prasta-hanya-ada-10-lpd-yang-sehat-di-badung
  • www.nusabali.com-giri-prasta-hanya-ada-10-lpd-yang-sehat-di-badung

MANGUPURA, NusaBali.com – Dari 122 Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Badung, hanya 10 LPD yang sehat.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Upacara Ngenteg Linggih Padudusan Alit Weraspati Kalpa di Pura Melanting LPD Desa Adat Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Anggara Kliwon Prangbakat, Selasa (6/9/2022) siang.

“Hanya 10 yang sehat. Benar. Saya yang bilang,” kata Giri Prasta yang disambut dengan ekspresi terkejut dan sedikit bingung dari para warga, pengurus LPD, Bendesa Adat Kutuh Nyoman Mesir, Ketua Majelis Desa Adat Kabupaten Badung AA Putu Sutarja, Perbekel Desa Kutuh Wayan Mudana, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, dan tokoh masyarakat yang hadir.

Pernyataan tersebut cukup kontroversial di tengah banyak kasus yang melanda salah satu lembaga desa adat di Bali ini. Di Kecamatan Kuta Selatan sendiri terdapat satu LPD yang sudah diketahui ‘tidak sehat’ yakni LPD Desa Adat Ungasan yang terkoyak kasus korupsi.

“Tetapi, LPD sameton sekalian (Krama Adat Kutuh) merupakan salah satu dari 10 itu. Keren, keren. Makanya saya di sini sekarang,” puji Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini.

Lebih lanjut, Giri Prasta menekankan pentingnya pelibatan pihak eksternal untuk melakukan audit kelembagaan dalam tubuh LPD. “Tujuannya apa, biar bagus,” tegas mantan Ketua DPRD Kabupaten Badung ini.

Selain itu, Giri Prasta juga mengingatkan bahwa dalam tubuh LPD, ada tiga hal yang harus diperkuat, yakni man, management, dan spritual. 

Man dalam hal ini, menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung ini adalah sumber daya manusia (SDM) dalam kepengurusan LPD harus berkompeten.

Selain SDM yang baik, diperlukan juga management kelembagaan yang terukur melalui realisasi program-program yang bermanfaat bagi kemajuan lembaga dari keuangan tumpuan masyarakat adat ini.

“Spiritual. Seperti sekarang ini, sembah Ida Hyang Rambut Sedana di Pura Melanting. Jeg, pasti bagus perjalanan ke depan,” tegas Giri Prasta.

Sementara bagi LPD yang dikatakan ‘kurang sehat’ oleh Giri Prasta, diharapkan agar segera berbenah lantaran Pemerintah Kabupaten Badung akan mengkaji kemungkinan memberikan penyertaan modal bagi LPD yang mampu melakukan reformasi kelembagaan secara baik. *rat

Komentar