nusabali

Cok Ace Lantik Pimpinan Baznas Bali

  • www.nusabali.com-cok-ace-lantik-pimpinan-baznas-bali

DENPASAR,NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace melantik dan mengambil sumpah pimpinan Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bali periode 2022-2027 di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Niti Mandala Denpasar, Rabu (7/9).

Cok Ace menyampaikan pergantian kepengurusan atau kegiatan-kegiatan pengkaderan pada suatu organisasi, mengindikasikan telah berjalannya demokrasi pada suatu organisasi. “Tentunya telah melalui proses dan mekanisme yang dilaksanakan secara demokratis,” ujar Cok Ace.

Untuk itu, Cok Ace berharap para  pengurus Baznas yang baru dilantik dapat membuat program kegiatan yang berdasarkan pemikiran yang baik dan jernih, dalam hal berorientasi revitalisasi dan reaktualisasi program kerja secara optimal. “Sehingga Baznas Bali dapat meningkatkan prestasi dan kinerja organisasi dalam rangka membantu Pemerintah Daerah, dalam menyukseskan pembangunan, khususnya melalui Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru,” jelas Panglingsir Puri Ubud, Gianyar ini.

Cok Ace menyampaikan bahwa zakat merupakan salah satu tiang ajaran Islam yang amat penting. Karena dengan zakat maka wajah kemasyarakatan dari ajaran Islam menjadi nyata. Sedangkan tanpa zakat, agama Islam menjadi tidak sempurna. Salah satu kendala sampai sekarang adalah umat Islam belum menganggap cukup penting kewajiban zakat ini.

Sementara di sisi lain, kata Cok Ace zakat  potensi umat Islam yang cukup besar. Potensi ini  apabila dikelola secara baik dan optimal akan dapat dimanfaatkan untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi  masyarakat. Zakat bila pengelolaannya dilakukan dengan baik dapat digunakan untuk membantu rakyat miskin guna meningkatkan pendapatannya. “Untuk itu, umat Islam di Provinsi Bali harus berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sangat sejalan dengan semangat ajaran Islam,” ujar mantan Bupati Gianyar ini.

“Saya berharap agar Baznas Provinsi Bali semakin gencar dalam melaksanakan sosialisasi, penghimpunan dan penyaluran zakat. Saya juga berharap agar Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Bali memfokuskan kegiatannya pada program-program dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat serta peningkatan manfaat zakat, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan,” pungkasnya. *nat

Komentar