nusabali

Disperindag Target Tera Ulang 15.000 UUPT

  • www.nusabali.com-disperindag-target-tera-ulang-15000-uupt

BANGLI, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli melaksanakan tera ulang UTTP (Ukuran, Takaran, Timbangan, dan Perlengkapannya) di Terminal Loka Crana, Bangli, Rabu (7/9).

Tera ulang wajib dilakukan setiap tahun untuk melindungi konsumen. Asisten I Setda Bangli I Nyoman Puja didampingi Kadisperindag Bangli, Wayan Gunawan mengatakan target tera dan tera ulang di Bangli sebanyak 15.000 UUPT. Tera ulang secara bergantian di setiap kecamatan.

Kadisperindag Bangli, Wayan Gunawan, menegaskan pelaksanaan tera dan tera ulang untuk memberikan pelindungan kepada para konsumen. “Dengan dilakukan tera ini diharapkan tidak ada kecurangan yang merugikan konsumen. Sejauh ini di Bangli belum ditemukan kecurangan,” ungkap Wayan Gunawan. Proses tera ulang ini banyak timbangan yang perlu diseimbangkan akibat kerusakan timbangan. “Karena pemakaian sering tentu ada baut yang kendor, berkarat sehingga perlu diseimbangkan,” ungkap Wayan Gunawan bersama petugas Metrologi Legal.

Setelah reparasi dan dilakukan uji sehingga timbangan kembali normal sesuai standar. Pelaksanaan tera dan tera ulang dijadwalkan dari tanggal 7-9 September 2022. Target hari pertama di Terminal Loka Crana sebanyak 100 UUPT. Anggaran tera dan tera ulang terbatas. Pada tahun 2020 sempat tidak terlaksana. Dengan anggaran Rp 10 juta maka kegiatan tera dan tera ulang berlangsung hanya 10 kali. *esa

Komentar