nusabali

Patung Bung Karno Dipindah, Diangkut Tronton Terbuka

  • www.nusabali.com-patung-bung-karno-dipindah-diangkut-tronton-terbuka

TABANAN, NusaBali
Patung Bung Karno di perempatan Kediri akan dipindah pada Kamis (8/9) malam rentang waktu pukul 22.00 – 23.00 Wita.

Patung dipindah malam hari untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Patung yang berbahan perunggu ini rencananya diangkut menggunakan truk tronton terbuka.

Pengawas Studio Nyoman Nuarta (SNN) sekaligus relokasi Patung Bung Karno I Wayan Sugiardana, mengatakan pemindahan Patung Bung Karno ini tidak akan membongkar dalam skala besar. Hanya di bagian bahu sekitar 20 centimeter serta di bagian bawah kursi Bung Karno. “Kami potong di bagian bahu untuk memudahkan memasang tali saat mengangkat,” kata Sugiardana, Rabu (7/9).

Dikatakannya, setelah nanti diangkat dari tempatnya, Patung Bung Karno langsung dibawa menggunakan truk tronton terbuka. Patung seberat 4,5 ton ini akan langsung dibawa ke Taman Kota Tabanan. “Sampai di Taman Kota kita taruh di samping tulisan Taman Bung Karno, karena pondasi masih belum selesai dikerjakan,” tegas Sugiardana.

Menurutnya dalam pemindahan patung pihaknya melibatkan 4 orang. “Pengangkutan tak ada masalah, crane sudah siap dengan kapasitas 25 ton,” tandasnya.

Sementara itu, pemindahan Patung Bung Karno ini langsung mendapat atensi Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya. Sebelum dipindah, bagian taman dan bawah patung sudah dibersihkan. “Pemindahan ini adalah janji dari Pemkab Tabanan atas aspirasi dari masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskannya, Patung Bung Karno akan dipindah pada Kamis (8/9) malam. Patung yang sangat mulia ini akan ditempatkan di tempat terhormat, yakni Taman Kota Tabanan. “Kami meminta doa restu masyarakat agar proses pengerjaan berjalan dengan baik,” kata Bupati Sanjaya. *des

Komentar