nusabali

Dinas Sosial Tunggu Juknis Pencairan BLT BBM

  • www.nusabali.com-dinas-sosial-tunggu-juknis-pencairan-blt-bbm

GIANYAR, NusaBali
Dinas Sosial Kabupaten Gianyar dan PT Pos Indonesia Cabang Gianyar masih tunggu petunjuk teknis (juknis) pencairan bantuan langsung tunai (BLT) sebagai imbas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Nur Widyaswanto, mengatakan BLT BBM disalurkan melalui PT Pos Indonesia di masing-masing kecamatan. Dinas Sosial sifatnya hanya mengawal dan berkoordinasi.

Nur Widyaswanto mengatakan, data jumlah penerima BLT BBM sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Di Gianyar, jumlah penduduk yang tercatat dalam DTKS sebanyak 53.574 KK, namun tidak semuanya keluarga miskin. “Data diambil dari DTKS yakni mereka yang selama ini menerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT),” jelas Nur Widyaswanto, Rabu (7/9). Sebanyak 53.574 KK tersebar di 7 kecamatan.

Kecamatan Sukawati sebanyak 7.667 KK, Kecamatan Blahbatuh sebanyak 6.982 KK, Kecamatan Gianyar sebanyak 9.841, Kecamatan Tampaksiring sebanyak 6.946 KK, Kecamatan Ubud sebanyak 7.958 KK, Kecamatan Tegallalang sebanyak 7.066 KK, dan Kecamatan Payangan sebanyak 7.114 KK. “Totalnya 53.574 KK, data ini sudah kami sampaikan saat kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI ke Gianyar beberapa waktu lalu,” ujar Nur Widyaswanto.

BLT yang dikucurkan sebesar Rp 150.000 per bulan per penerima dan BPNT sebesar Rp 200.000 per penerima. BLT DD dicairkan untuk 4 bulan mulai September, Oktober, November, dan Desember 2022. Kepala PT Pos Indonesia Cabang Gianyar Edi Rubandi belum bisa dikonfirmasi terkait pencairan dan jumlah penerima BLT BBM. “Mohon maaf, saya masih di luar kantor,” ujarnya singkat. Sementara itu, BLT Dana Desa telah disalurkan di sejumlah kantor desa. “Kami sudah cairkan Jumat kemarin,” ungkap Perbekel Desa Batuan Ari Anggara. Penerima BLT DD sebanyak 100 KK.

Pemerintah Desa Tegalalang juga telah mencairkan BLT DD untuk 101 penerima. Pencairan ini dikawal Babinsa Koramil 1616-06/Tegallalang Sertu I Made Rai Wibisanadi di Kantor Desa Tegalalang. Selasa (6/9). Warga terima BLT DD sebesar Rp 300.000 per bulan. *nvi

Komentar