nusabali

Tiket Fast Boat di Pelabuhan Sanur Naik Hingga 30 Persen

  • www.nusabali.com-tiket-fast-boat-di-pelabuhan-sanur-naik-hingga-30-persen

DENPASAR, NusaBali.com – Menyusul kenaikan harga BBM, tarif fast boat (kapal cepat) dari Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida/Lembongan juga mengalami kenaikan hingga 30 persen per Rabu (7/9/2022).

Jika sebelumnya tarif untuk penumpang domestik hanya Rp 75.000, kini menjadi Rp 100.000. Sedangkan untuk WNA, dari sebelumnya Rp 150.000 menjadi Rp 200.000.

Tarif baru itu diberlakukan setelah pada Senin (5/9/2022) berlangsung pertemuan antara operator fast boat. 

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan 33 operator kapal cepat lainnya yang ada di Pelabuhan Sanur. Jadi kenaikan tarif tiket ini juga kami perhitungkan karena BBM saat ini naik yang tentunya akan berpengaruh kepada bahan bakar dari kapal cepat yang kami gunakan,” ujar Made Ariana, Ketua dari Asosiasi Fast Boat Sanur, Rabu (7/9/2022) sore. 

Menurut Ariana, 38, kenaikan tarif penyebrangan kapal cepat di Pelabuhan Sanur sebesar 30 persen tersebut ini juga dinyatakan telah menyesuaikan persentase penyesuaian harga BBM bersubsidi yang sudah terjadi sejak Sabtu (3/9/2022) sore. 

Para penyedia jasa layanan kapal cepat di Pelabuhan Sanur pun berharap kenaikan tarif penyebrangan ini tidak mempengaruhi intensitas atau jumlah penumpang yang akan melakukan aktivitas penyeberangan dengan rute menuju Nusa Penida ataupun Nusa Lembongan di Kabupaten Klungkung.

“Karena kenaikan tarif penyebrangan baru berlaku per hari ini (Rabu, 7 September), kami melihat frekuensi para wisatawan masih stabil. Semoga dengan kenaikan ini tidak mempengaruhi jumlah wisatawan yang akan berlibur ke Nusa Penida maupun Nusa Lembongan,” harap Ariana.

Sependapat dengan hal tersebut, I Ketut Adnyana, salah satu pelaku penyedia jasa layanan kapal cepat, Sri Rejeki Express juga berharap kepada pemerintah untuk tetap memperhatikan harga BBM selanjutnya agar tetap landai.

“Mudah-mudahan pemerintah tetap memperhatikan harga BBM. Jangan sampai nanti harga BBM itu naik setiap bulannya. Karena ini akan berimbas kepada kita sebagai pelaku penyedia jasa transportasi laut,” harap Adnyana.

Wisatawan yang akan berkunjung ke Nusa Penida maupun Nusa Lembongan, masuk lewat Pelabuhan Sanur, Denpasar menggunakan armada fast boat dengan menggunakan total 33 armada boat. 

Fast boat tersebut, Rai Fish Cruise, Crown Fast Cruise, Maruti Express, Mola-mola Express, Idola Express, Angel Billabong Cruise, Yamuna Express, Dwi Manunggal, Gogun Express, El Ray Junior, dan lainnya. *ris





Komentar