nusabali

Badung Tuan Rumah Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah Se-Bali

  • www.nusabali.com-badung-tuan-rumah-bimtek-pengembangan-perpustakaan-sekolah-se-bali

MANGUPURA, NusaBali
Kabupaten Badung menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah Se-Bali.

Bimtek yang diselenggarakan Selasa (6/9) hingga Kamis (8/9) besok ini diikuti 100 peserta dari tingkat SMK/SMA, SMP se-Bali yang belum memenuhi standar nasional perpustakaan (SNP) atau belum terakreditasi.

Bimtek dibuka langsung Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung Ni Wayan Kristiani, bertempat di Hotel Harris Residence Sunset Road Denpasar, Selasa (6/9). Hadir dalam kesempatan ini, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi (secara virtual), Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi beserta rombongan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Bali, Perwakilan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali.

Kristiani mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas SDM pengelola perpustakaan yang ada di masing-masing sekolah sesuai dengan UU Nomor 43 Tahun 2007. “Pada kesempatan yang baik ini saya mengajak para peserta untuk bersama-sama belajar dan melaksanakan dengan baik bimtek ini sesuai dengan standar nasional perpustakaan. Selamat belajar dan semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi kita semua guna mencerdaskan generasi bangsa,” ucapnya.

Menurutnya perpustakaan sekolah merupakan sarana pendidikan, berfungsi menunjang pencapaian tujuan pendidikan dan memberi pelayanan pada murid dan guru dalam proses belajar dan mengajar. “Perpustakaan sekolah merupakan jantungnya sekolah, di mana sumber informasi pengetahuan yang mampu mengantarkan siswa, guru dan masyarakat untuk lebih membuka wawasan melalui informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat mendorong manusia untuk cerdas, berbudaya dan beretika,” kata Kristiani.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI Deni Kurniadi, mengatakan berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, mengamanatkan perpustakaan merupakan urusan wajib yang bukan pelayanan dasar. Terdapat enam urusan Pemerintah Pusat yang diberikan ke Dinas Perpustakaan Provinsi, di antaranya adalah pengelolaan perpustakaan tingkat provinsi. Sehubungan dengan hal tersebut Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi menyelenggarakan kegiatan Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Bali. “Melalui bimtek ini diharapkan dapat menambah informasi serta ilmu pengetahuan yang dapat menambah kualitas SDM pengelola perpustakaan dan meningkatkan kecerdasan siswa dan guru dalam proses belajar dan mengajar,” tegasnya. *asa

Komentar