nusabali

Relawan 'Rindu Jabar Juara' Kaget Lihat Hasil Polling Ridwan Kamil

  • www.nusabali.com-relawan-rindu-jabar-juara-kaget-lihat-hasil-polling-ridwan-kamil

BANDUNG, NusaBali.com – Salah satu kelompok pendukung Ridwan Kamil yang dikenal dengan nama Relawan Rindu Jabar Juara menyatakan terkejut dengan hasil polling online sosok yang didukung pada Pilkada Jawa Barat 2018 lalu.

Hasil polling online Tingkat Kepuasan Relawan Jabar Juara (TKRJJ) terhadap Kinerja Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghasilkan tingkat kepuasan hanya 28,6% .

 “Terus terang kami kaget, hasilnya di luar dugaan. Cukup rendah,” kata Amin Nurdin, salah satu relawan Ridwan Kamil kepada pewarta, Senin (5/9/2022).

Sebanyak 202 responden telah berpartisipasi yang terdiri dari 27 simpul relawan dan Koordinator Daerah (Korda) Relawan dari setiap kota/kabupaten se Jawa barat sejak Mei hingga Agustus 2022. 

Polling Online TKRJJ terhadap Kinerja Ridwan Kamil dirilis tepat empat tahun kepemimpinan gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini.

“Polling dilakukan sebagai bagian dari upaya evaluasi kinerja, pemenuhan janji politik, implementasi visi-misi dan memotret dinamika relawan. Terlebih lagi sisa waktu kepemimpinan yang tinggal satu tahun lagi," ungkap Amin 

Amin mengungkap tujuh aspek yang menjadi bahan polling. Pertama, Pengetahuan Relawan tentang Program-Program Prioritas/Unggulan Gubernur Jawa Barat. Sebanyak 54,5% menyatakan mengetahui dan 45,5% tidak mengetahui. 

Kedua, Pelibatan Relawan dalam Program-Program Prioritas/Unggulan Gubernur Jawa Barat. “Hasilnya 74,3% menyatakan tidak  dilibatkan dan 25,7% dilibatkan,” kata Amin.

Ketiga, Kepuasan Relawan dengan Hasil Kinerja Gubernur Jawa Barat sampai Saat ini. Dengan hasil  Sangat Puas 9,9%, Puas 6,9%, Kurang Puas 18,8%, Tidak Puas 51%, Biasa Saja 10,4% dan 3% Tidak Tahu. 

Keempat, Respons Relawan mengenai Pernyataan Gubernur Jawa Barat Mengenai Karakteristik Tiga Golongan Relawan. Menyatakan Setuju 21,8% dan Tidak Setuju 78,2 %

Kelima, Kepuasan Terhadap Pola Komunikasi dan Relasi (Hubungan) Gubernur Jawa Barat dengan Relawan. Dengan hasil menyatakan Sangat Puas 5,4%, Puas 11,4%, Kurang Puas 14,9%, Tidak Puas, 63,4%, Biasa Saja 3,5% dan 1,4 Tidak Tahu. 

Keenam, Dukungan Relawan jika Gubernur Jawa Barat Mencalonkan Diri Sebagai Presiden RI Tahun 2024. Dengan hasil  menyatakan Mendukung 19,3% dan  Tidak Mendukung 59,9% dan sisanya 20,8% menyatakan Tidak Tahu.

Ketujuh, Dukungan Relawan Jika Gubernur Jawa Barat Mencalonkan Diri sebagai Gubernur Tahun 2024. Mendukung 24,8%, Tidak 44% dan Tidak Tahu 31,2%.

"Melihat hasil polling secara keseluruhan, sangat terlihat jelas bahwa hubungan RK dengan relawan pendukungnya tidak baik-baik saja,” cetus Amin. 

Amin pun menyenggol Partai NasDem  sebagai partai pengusung Ridwan kamil saat Pilgub Jabar 2018. 

“Untuk Pilpres dan Pilgub 2024 NasDem sudah tidak mengusung RK. Dan kalau ditarik lebih jauh, Gerindra yang mengusung RK saat Pilwalkot Bandung 2013, juga tidak mengusungnya pada saat Pilgub Jabar 2018,” urai Amin. Situasi ini disebut Amin semakin menegaskan dan membuktikan ada sesuatu. 

Di sisa masa kepemimpinannya, Amin menyarankan agar RK fokus untuk pemenuhan janji politiknya dan mewujudkan visi-misinya. 

"RK sebaiknya fokus kerja dan tidak usah banyak melakukan lobi dan gimmick politik untuk 2024 nanti. Jangan sampai kepercayaan masyarakat disia-siakan atau dikorbankan dikarenakan hasrat politik yang menggebu-gebu karena masih banyak program yang belum terlaksana, bahkan ada yang hanya sekadar launching," sebut Amin.

Komentar