nusabali

Wagub Cok Ace Apresiasi Kolaborasi Musik Keroncong dengan Gamelan Bali

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-apresiasi-kolaborasi-musik-keroncong-dengan-gamelan-bali

DENPASAR, NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi garapan apik perpaduan musik keroncong dan gamelan Bali yang dipertunjukkan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, di Denpasar, Sabtu (3/9) malam.

Pertunjukan bertajuk ‘Konser Keroncong Nuansa Kebangsaan’ itu menampilkan kolaborasi apik Orkes Keroncong (OK) Pesona Jiwa Jakarta dengan Gamelan Bali dari Sanggar Seni Mario Bros Kabupaten Badung.

Menyuguhkan 19 lagu, konser ini didukung oleh sejumlah penyanyi keroncong seperti Amrih Basuki, Ika Suhesti, Yurita Badrun, dan lainnya. Penonton yang hadir juga dimanjakan dengan penampilan Diva Keroncong Indonesia Sundari Soekotjo.

Selain itu, konser makin semarak dengan penampilan bintang tamu Putu Candrawati yang merupakan istri dari Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana. Bahkan, Wakapolda Bali turut menyumbangkan kepiawaiannya bermain seruling dengan membawakan tembang ‘Indonesia Pusaka’. Diiringi tiupan seruling Wakapolda, Wagub Cok Ace juga turut menyanyikan salah satu lagu kebangsaan itu.

Wagub Cok Ace yang dimintai komentar di sela-sela pelaksanaan konser menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan bernuansa kebangsaan ini. Ia salut dengan ide penyelenggara acara yang memadukan musik keroncong dengan gamelan Bali. “Ini merupakan kolaborasi yang apik,” ucapnya.

Secara pribadi, Wagub Cok Ace menyampaikan kecintaannya pada musik keroncong. Kecintaannya itu ditunjukkan dengan memberi ruang khusus pada pementasan musik keroncong pada salah satu hotel yang dikelola Puri Ubud. “Seminggu sekali saya wajibkan untuk pementasan musik keroncong,” ujar Wagub Cok Ace sembari menyebut Sundari Soekotjo sebagai penyanyi keroncong idolanya.
 
Pada bagian lain, Guru Besar ISI Denpasar ini menyinggung besarnya perhatian Pemprov Bali terhadap upaya pelestarian budaya. Komitmen itu ditunjukkan dengan mengeluarkan Perda Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali. Ia menilai kegiatan konser yang memadukan unsur budaya Bali dengan musik keroncong sejalan dengan amanat Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tersebut. Karena menurutnya kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pelestarian dan pengembangan budaya.

Mengakhiri penyampaiannya, Wagub Cok Ace berharap musik keroncong makin diminati oleh masyarakat luas.
 
Apresiasi terhadap pelaksanaan konser ini juga diutarakan Wakapolda Bali Brigjen Pol  I Ketut Suardana. Senada dengan Wagub Cok Ace, ia mengaku sangat menggemari keroncong karena musik ini membawa ketenangan dan kedamaian. Wakapolda juga salut dengan ide memadukan keroncong dengan musik tradisional. Ia berharap, ke depannya musik keroncong makin digemari oleh generasi muda.

Pada bagian lain, ia juga mengapresiasi nuansa kebangsaan yang diusung dalam konser ini. “Karena generasi unggul tak hanya harus cerdas, tapi juga mesti punya jiwa kebangsaan dan mencintai budaya,” pungkasnya. *cr78

Komentar