nusabali

Prabowo–Erick Ungguli Ganjar–Puan

Simulasi Capres-Cawapres 2024 Berdasar Survei LSI

  • www.nusabali.com-prabowo-erick-ungguli-ganjar-puan

Berdasarkan simulasi tertutup 3 pasangan; Prabowo–Erick Thohir raih 37,8 persen, posisi kedua Ganjar Pranowo–Puan Maharani dengan 28,2 persen, posisi ketiga Airlangga Hartarto–Ridwan Kamil peroleh 16,8 persen.

JAKARTA, NusaBali
Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei dengan tema ‘Kondisi Ekonomi dan Peta Politik Menjelang 2024’, Minggu (4/9/2022). Dalam survei itu juga dibahas mengenai simulasi tertutup pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Survei diselenggarakan pada 13–21 Agustus 2022. Sebanyak 1.220 responden dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage sampling dengan margin of error ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan pewawancara yang telah dilatih.

Responden ditanya, ‘jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara pasangan nama berikut ini’. Simulasi pasangan itu memunculkan duet Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto–Erick Thohir hingga Ganjar Pranowo–Puan Maharani.

Berdasarkan simulasi tertutup 3 pasangan, Prabowo–Erick Thohir unggul di angka 37,8 persen. Sementara itu di posisi kedua ada pasangan Ganjar Pranowo–Puan Maharani dengan persentase 28,2 persen.

Sementara itu, simulasi ini juga memunculkan duet Airlangga Hartarto–Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan angka 16,8 persen. Kemudian, ada 17,3 persen masyarakat yang tidak tahu dan tidak setuju terkait simulasi tersebut.

Selanjutnya, ada juga simulasi tertutup 3 pasangan yang memunculkan nama Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Salahudin Uno. Hasilnya, simulasi Prabowo Subianto berpasangan dengan Erick Thohir masih menduduki posisi teratas dengan angka 37,6 persen.

Pada survei yang sama, pewawancara menyebutkan simulasi 19 nama semi terbuka dan boleh menyebutkan nama lainnya.

Berdasarkan simulasi 19 nama semiterbuka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas 24,5 persen. Sedangkan posisi kedua ditempati Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan 21,3 persen.

Sementara itu, di posisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan angka 19,3 persen dan di posisi keempat ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di angka 10,4 persen. Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani dengan angka 1,3 persen.

“Simulasi 19 nama semiterbuka dan boleh menyebutkan nama lainnya, Ganjar paling tinggi 24,5 persen, kemudian Prabowo 21,3 persen, Anies 19,3 persen, dan Ridwan Kamil 10,4 persen, nama lain jauh lebih rendah, belum menjawab 9,8 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers virtual, seperti dilansir detikcom, Minggu (4/9/2022).

Sementara itu, berdasarkan simulasi tertutup 10 nama, Ganjar Pranowo masih menempati posisi teratas di angka 24,9 persen, disusul Prabowo Subianto 22,9 persen, kemudian Anies Baswedan dengan 20,1 persen. Puan Maharani berada di angka 2,2 persen, Airlangga Hartanto di angka 1,1 persen.

Kemudian berdasarkan simulasi tertutup 7 nama, Ganjar Pranowo masih di posisi teratas, yakni 28,3 persen, disusul Prabowo Subianto 25,8 persen. Muncul nama Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen dan Airlangga Hartanto di posisi ketujuh dengan angka 1,7 persen.

Selanjutnya, simulasi tertutup tiga nama, Ganjar unggul tipis dari Prabowo Subianto. Ganjar mendapat angka 31,7 persen, sedangkan Prabowo 30,1 persen. Di urutan ketiga ada Anies Baswedan dengan persentase 28,2 persen. *

Komentar