nusabali

LPPM Unud Bantu Mesin Pengiris Buah dan Peniris Minyak

  • www.nusabali.com-lppm-unud-bantu-mesin-pengiris-buah-dan-peniris-minyak

NEGARA, NusaBali
Tim Pengabdi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udaya memberikan bantuan dua unit mesin kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Pitik Jaya, Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (4/9).

Adapun dua mesin itu, diantaranya berupa mesin pengiris buah dan mesin peniris minyak yang merupakan hasil karya dari Fakultas Teknik Unud.  Pemberian bantuan itu, dikoordinir oleh dua dosen Fakultas Teknis Unud, Dr I Ketut Adi Atmika ST MT, bersama I Gusti Agung Suriadi ST MT, beserta sejumlah mahasiswa Fakultas Teknis Unud. Dalam kesempatan itu, juga diberikan penyuluhan sekaligus demo cara penggunaan kedua mesin yang bekerja dengan energi listrik tersebut.

Adi Atmika mengatakan, bantuan dua mesin itu, merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Bantuan mesin pengiris buah serta mesin peniris minyak itu, setelah sebelumnya ada permohonan dari KWT bersangkutan. Di mana KWT Pitik Jaya yang salah satu usahanya adalah memproduksi abon telur ini, mengaku kesulitan meniriskan minyak dari produk abon mereka.

"Dari sana coba kami fasilitasi, dan kita buatkan mesin peniris minyak. Dengan alat itu, tinggal masukan abonnya dan minyaknya tertiris. Jadi hasilnya bisa lebih maksimal," ujar Adi Atmika, dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unud yang juga berasal dari Desa Baluk, Kecamatan Negara.

Sementara bantuan mesin pengiris buah, kata Adi Atmika, juga diberikan sesuai kebutuhan. Tepatnya, ada rencana KTT Pitik Jaya yang mengembangkan usaha membuat kripik singkong dan keripik pisang. "Mesin pemotong itu juga bisa digunakan mengiris bawang dan buah-buah lainya. Dengan bantuan itu, kita harapkan bisa meningkatkan produktivitas," ujar Adi Atmika. *ode

Komentar