nusabali

Bangkitkan Ekonomi Bali, HPN - PCNU Denpasar Sinergi Gelar Jalan Sehat dan Bazar UMKM

  • www.nusabali.com-bangkitkan-ekonomi-bali-hpn-pcnu-denpasar-sinergi-gelar-jalan-sehat-dan-bazar-umkm

DENPASAR, NusaBali.com - Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Denpasar bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Denpasar menyelenggarakan Jalan Sehat, Bazaar UMKM dan Doa Bersama di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi Denpasar, Minggu (4 /9/2022).

Meskipun Denpasar sempat diguyur hujan, antusiasme ribuan peserta gerak jalan tak berkurang. Maklum, bukan hanya soliditas warga Nadhliyin menyukseskan acara. Namun banyaknya doorprize juga menjadi daya tarik tersendiri.

Mulai dari doorprize perlengkapan ibadah berupa sajadah, sepeda, hingga grand prize umrah ke Tanah Suci ditunggu-tunggu oleh para peserta jalan sehat.  Gong hadiah melaksanakan umrah itu pun diumumkan pada Minggu (4/9/2022) malam, dalam gelaran Doa Bersama.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar I Dewa Made Agung  yang hadir mewakili Walikota Denpasar mengapresiasi kegiatan jalan sehat yang dikolaborasikan dengan bazaar UMKM.

“Kami  sangat mendukung jalan sehat dan bazar UMKM ini karena menjadi kunci kebangkitan ekonomi umat.  Untuk diketahui PDRB domestik, 70 persennya didongkrak oleh sektor UMKM ini,” ungkap I Dewa Made Agung yang turut melepas peserta jalan sehat.

Pada sesi ini terlihat juga Ketua Umum DPP HPN Dede Supriyadi Arief yang menyatakan salut dengan antusiame peserta yang memadati kawasan Monumen Bajra Sandhi.

“Bazar ini adalah  salah satu bentuk memberikan peluang kepada pelaku usaha mikro untuk bangkit dan maju pasca pandemi,” kata Dede. 

Pengusaha batu bara ini pun menyatakan sudah bersinergi dengan kementerian terkait untuk membangkitkan ekonomi masyarakat kecil, khususnya di lingkungan nahdliyin yang terpukul selama pandemi Covid-19.  “Kami juga memacu industry kreatif yang memiliki orientasi pasar ekspor,” sambungnya.
 
Menurutnya, warga nahdliyin se- Indonesia yang populasinya hampir 100 jutaan merupakan potensi luar biasa untuk diberdayakan. Karena itu tambahnya, sektor industri kreatif dan kecil didorong untuk berkembang maju, modern dan bertransformasi ke ranah bisnis digital. 

Melalui Jalan Sehat, Bazar UMKM dan Doa Bersama, HPN bertekad membangkitkan ekonomi warga nahdilyin sebagai tindak lanjut Silatnas di Banyuwangi. “Konsen kami adalah ke depan secara ekonomi warga nahdliyin akan naik, sehingga kita buat acara ini,” tandas Ketua Panitia H Bambang Sudarsono. 

HPN hingga kini membina 6,3 juta UMKM milik warga nahdilin seleuruh Indonesia dan 100 UMKM diantaranya berpartisipasi di Bazar UMKM di Kota Denpasar. 

“Di Kota Denpasar HPN telah membina kurang lebih 600 pelaku UMKM. Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan pelaku UMKM warga nahdliyin,” ujar Bambang Sudarsono  yang akrab disapa Pak Beno ini.

Ditambahkan pula, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada para UMKM. Di antaranya pembinaan digitalisasi atau proses pengalihan informasi dalam bentuk analog ke bentuk digital. 

“Selain itu kita juga lakukan pendampingan untuk peningkatan mutu, serta cara memperoleh keuangan berupa sinergi dengan perbankan,” ungkapnya

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPW HPN Provinsi
Bali, H Nuriyanto, menegaskan pihaknya tidak hanya memotivasi, tapi
juga memberikan pembinaan UMKM milik warga Nahdlatul Ulama (NU)
khususnya di Bali. 

“Setelah
bazar ini kita proyeksikan para UMKM mengikuti Expo, ini salah satu
cara kami agar pelaku usaha kecil bangkit,” katanya. 

Bendahara DPW HPN Provinsi Bali Muhammad Nur Ikhsan menambahkan,“Acara ini diikuti oleh para pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM yang merupakan anggota HPN Kota Denpasar,” kata Ikhsan yang juga berkeahlian sebagai terapis kesehatan ini.

Nur Ihksan menyebut, selaku penyelenggara pihaknya tidak menyangka meski sempat diguyur hujan antusiasme masyarakat yang datang dalam kegiatan ini cukup tinggi.

“Kami tidak mengira akan seperti ini karena begitu banyak masyarakat yang datang,” tutur  Wasekjen DPP HPN.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Denpasar, H Pujianto, menandaskan bahwa pemberdayaan UMKM ini selaras dengan program kerja pengurus cabang.  

“PCNU akan selalu bersinergi dengan HPN, karena selama ini warga NU lebih banyak belajar penguatan berbangsa dan bernegara, tapi kita lupa memperkuat ekonomi masyarakat di sektor riil. Tentu ini juga untuk mendukung penyelenggaran KTT G20 yang sudah di depan mata,” tegas Pujianto. 

Komentar