nusabali

Harga BBM Naik, SPBU di Badung Diatensi Polsek-Polsek

  • www.nusabali.com-harga-bbm-naik-spbu-di-badung-diatensi-polsek-polsek

MANGUPURA, NusaBali.com – Harga BBM per Sabtu (3/9/2022) pukul 15.30 Wita resmi naik. Guna menjaga kondusivitas, Polsek-polsek di Badung mengatensi SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

Beberapa Polsek yang melakukan pemantauan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sehari sebelumnya, Jumat (2/9/2022) dan Sabtu (3/9/2022), adalah Polsek Mengwi, Polsek Abiansemal, dan Polsek Kuta Utara.

Ketiga Kapolsek di masing-masing kepolisian sektor menginstruksikan jajarannya khususnya Unit Samapta dan Bhabinkamtibmas untuk berkoordinasi dengan manajemen dari setiap SPBU yang ada di wilayah tugas mereka.

Kapolsek Mengwi Kompol I Nyoman Darsana turun langsung untuk melakukan pengecekan situasi di tujuh SPBU yang berada di Kecamatan Mengwi, Jumat pagi. Kata Darsana, setelah melakukan inspeksi terhadap ketujuh stasiun bahan bakar tersebut tidak ditemukan kelangkaan maupun antrean yang berlebihan menjelang diumumkannya penyesuaian harga.

“Kami sudah perintahkan Bhabinkamtibmas dan Unit Samapta untuk berpatroli ke setiap SPBU guna memberikan rasa aman bagi masyarakat dan karyawan,” tegas Darsana.

Selain memastikan ketersediaan dan mencegah antrean berlebih, Darsana juga menegaskan bahwa ia akan menindak tegas bagi siapa pun yang melakukan penimbunan BBM bersubsidi di wilayah hukumnya.

Sementara Polsek Abiansemal juga melakukan hal serupa. Pada Jumat malam, di bawah koordinasi Pewira Pengawas (Pawas) Iptu I Nyoman Bakti, Unit Samapta Polsek Abiansemal berpatroli ke SPBU Latusari di Jalan Raya Mambal-Latu dan SPBU Darmasaba di Jalan Ahmad Yani Utara nomor 11, Desa Darmasaba.

Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra secara terpisah memberikan keterangan bahwa jajarannya melakukan koordinasi dengan manajemen SPBU guna mengantisipasi gangguan kamtibmas yang bisa diakibatkan oleh penyesuaian harga BBM.

“Kalau kami menemukan indikasi penimbunan maka akan ditindak tegas,” ujar Sudarma.

Sedangkan pada Sabtu pagi, Polsek Kuta Utara melakukan pengecekan kepada sejumlah SPBU di wilayah hukum Polsek Kuta Utara. Inspeksi dari Unit Samapta yang dipimpin Pembantu Unit (Panit) II Ipda Gede Artawan tersebut memastikan situasi SPBU dan kondusivitas masyarakat tetap aman terkendali.

Secara terpisah, Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kurniawandari membeberkan akan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas yang wilayah tugasnya memiliki SPBU untuk menjaga komunikasi dengan pengelola.

“Kami optimalkan Bhabinkamtibmas yang wilayahnya ada SPBU untuk koordinasi dengan pengelola untuk pastikan ketersediaan BBM bagi masyarakat. Harapannya ketersediaan BBM di Kuta Utara dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” tuntas Diah.

Sementara itu, per 3 September 2022, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mengumumkan penyesuaian harga dan pengalihan subsidi BBM.

Berdasarkan pembaruan harga di laman mypertamina.id, jenis-jenis BBM produk Pertamina tersebut dibanderol dengan harga sebagai berikut.
  • - Pertamax Turbo, Rp 15.900
  • - Pertamax, Rp 14.500
  • - Pertalite, Rp 10.000
  • - Pertamina Dex, Rp 17.400
  • - Dexlite, Rp 17.100
  • - Pertamina Biosolar, Rp 6.800 *rat

Komentar