nusabali

Wisman Mulai Ramaikan Taman Ayun

  • www.nusabali.com-wisman-mulai-ramaikan-taman-ayun

DENPASAR, NusaBali
Sempat sepi selama masa pandemi Covid-19, kini Daya Tarik Wisata (DTW) Taman Ayun di Desa/Kecamatan Mengwi, Badung sudah ramai kembali.

Ratusan wisatawan manca negara (wisman) berkunjung melihat keindahan arsitektur pura kuno peninggalan Kerajaan Mengwi tersebut. Manajer DTW Taman Ayun I Made Suandi mengatakan DTW Taman Ayun sesungguhnya tidak pernah tutup. Termasuk ketika saat pandemi memuncak pada 2021 lalu. “Walau buka tetapi karena pandemi, tamu (wisatawan) tidak ada ketika itu,”  ujar Suandi, Jumat (2/9/2022).

Kini setelah Covid-19 melandai, Taman Ayun kembali ramai. Sejak Juli lalu rata-rata 400 wisman berkunjung setiap hari. Puncaknya awal Agustus 2022, sempat mencapai 500 wisman. “Astungkara sudah mulai ramai kembali,” kata Suandi. Sedangkan wisatawan domestik sekitar 200-an orang per hari. Walau kunjungan sudah kembali mengalir, namun tingkat keramaiannya masih di bawah jumlah kunjungan sebelum pandemi Covid-19. Menurut Suandi, kunjungan wisman ke Taman Ayun rata-rata 1.000 orang dalam sehari. “Jadi yang sekarang ini baru sekitar setengahnya,” imbuh Suandi.

Selain menyaksikan keindahan arsitektur, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain. Di antaranya dokumentasi berupa foto-foto lama terkait Taman Ayun, maket, lukisan dengan objek Taman Ayun. Serta film pendek terkait aktivitas persubakan. Fasilitas tambahan itu ada di galeri dan bangunan tambahan di sebelah timur Pura Taman Ayun. *k17

Komentar