nusabali

Kulkas Jenazah Rusak Sejak Lima Tahun

  • www.nusabali.com-kulkas-jenazah-rusak-sejak-lima-tahun

Ruangan pemulasaran dengan kapasitas 12 jenazah.

AMLAPURA, NusaBali

RSUD Karangasem memperbaiki kulkas di ruangan pemulasaran jenazah. Kulkas empat pintu untuk empat jenazah ini rusak sejak lima tahun lalu. Anggaran perbaikan kulkas jenazah sebesar Rp 69 juta. RSUD Karangasem punya dua kulkas, namun satu kulkas tidak bisa diperbaiki. Selain memperbaiki kulkas, ruangan pemulasaran jenazah rencananya dilebarkan.   

Direktur RSUD Karangasem, dr I Gede Yuliasena, mengungkapkan kamar pemulasaran dengan kapasitas 12 jenazah. Terkadang penuh karena banyak warga menitipkan jenazah sambil menunggu hari baik menggelar upacara ngaben. RSUD Karangasem punya dua kulkas di ruang pemusalaran jenazah. Namun hanya kulkas empat pintu dengan daya tampung 4 jenazah yang bisa diperbaiki. Kerusakan sejak 5 tahun lalu, baru diperbaiki karena anggaran sebelumnya dialihkan untuk penanganan Covid-19. “Tahun ini kami perbaiki,” ungkap dr Gede Yuliasena, Jumat (2/9).

Setelah kulkas diperbaiki dan berfungsi normal, jika ada penitipan jenazah tidak lagi perlu es dan diinjeksi dengan formalin. Penitipan jenazah dalam kulkas agar jenazah tetap utuh tidak terjadi pembusukan. “Perbaikan kulkas untuk meningkatkan kualitas pelayanan menuju pelayanan paripurna,” jelas dr Gede Yuliasena. Sementara perluasan ruangan pemulasaran agar menampung lebih banyak jenazah. Gudang penitipan tabung udara di belakang pemulasaran jenazah dipindahkan. *k16

Komentar