nusabali

Karang Taruna Kelurahan Pemecutan Koordinir Penimbangan Bank Sampah

  • www.nusabali.com-karang-taruna-kelurahan-pemecutan-koordinir-penimbangan-bank-sampah

DENPASAR, NusaBali
Karang Taruna Idepang Sawitra di bawah naungan Kelurahan Pemecutan turut andil dalam kegiatan pengolahan sampah yang kini semakin digencarkan oleh Pemerintah Kota Denpasar.

Para teruna teruni tersebut mengkoordinir pelaksanaan penimbangan sampah melalui program Bank Sampah Kedas TIS, berlokasi di pelataran Kantor Lurah Pemecutan, Jumat (2/9).

Lurah Pemecutan Ida Bagus Agung Upawana Manuaba, kegiatan penimbangan pada Bank Sampah Kedas TIS merupakan agenda rutin.

“Bank sampah kami ini buka pada setiap hari Jumat pertama di setiap bulan. Adik-adik karang taruna kami ini begitu bersemangat dalam hal pengolahan sampah. Secara pribadi saya betul-betul mengapresiasi semangat mereka,” ungkap Ida Bagus Upawana.

Sampah yang terkumpul merupakan sampah yang umum dihasilkan rumah tangga. Yakni botol bekas, minyak jelantah, kertas, kardus, dan lain sebagainya.

“Kami ingin menanamkan di benak warga kami, bahwa pemilahan sampah merupakan tanggung jawab masing-masing warga. Selalu kami tekankan juga bahwa timbunan sampah di sekitar rumah bukanlah hal baik bagi kesehatan dan keindahan,” imbuh Ida Bagus Upawana.

Selain itu, edukasi dari sisi ekonomi akan nilai jual sampah juga dilakukan oleh jajaran Kelurahan Pemecutan.

“Sampah juga memiliki nilai ekonomis. Maka dari itu kegiatan pemilahan sampah dari tingkat rumah tangga tentu bisa berdampak pada manfaat ekonomis sampah itu sendiri,” ucap Ida Bagus Upawana. *mis

Komentar