nusabali

Jalan Penghubung Empat Desa Jebol

  • www.nusabali.com-jalan-penghubung-empat-desa-jebol

Jalan jebol juga mengakibatkan pipa air bersih yang dikelola Desa Padangan ikut terputus.

TABANAN, NusaBali
Jalan kabupaten di Banjar Padangan Kaja, Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, jebol, Rabu (19/4). Jalan jebol ini merupakan penghubung empat desa di dua wilayah kecamatan. Masing-masing tiga desa di kecamatan Pupuan yakni Desa Padangan, Desa Kebon Padangan, dan Desa Jelijih Punggang. Sementara Desa Mundeh Kangin ada di wilayah Kecamatan Selemadeg Barat.

Perbekel Desa Padangan, I Wayan Wardita mengatakan, jalan penghubung empat desa di dua wilayah kecamatan ini jebol sekitar pukul 14.30 Wita. Jalan jebol sepanjang 15 meter, lebar 3 meter dengan ketinggian 6 meter. “Sebelumnya retak-retak. Begitu turun hujan, jalan di Banjar Padangan Kaja ambles,” terang Wardita. Ditegaskan, jalan ini masih bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat karena hanya ambles setengah badan jalan atau masih tersisa lebar 3 meter.

Jalan jebol juga mengakibatkan pipa aliran air bersih yang dikelola desa putus. Mencegah dampak buruk, Perbekel Wardita pimpin warga untuk bergotong royong menyambung pipa air yang putus dan pasang tanda bahaya. “Kami pasang bambu dan kayu di tepi jalan yang ambles sebagai tanda bahaya,” terang Wardita. Ditambahkan, sekitar dua bulan lalu, Perbekel Wardita sudah melapor ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tabanan terkait jalan kabupaten di Banjar Padangan Kaja yang terlihat retak-retak.

Diakui, Dinas PU Tabanan janjikan perbaikan di tahun 2017 ini. “Tapi jalannya keburu jebol diguyur hujan,” tandasnya. Ia pun mengaku sudah kembali melaporkan kondisi jalan jebol ke Dinas PU Tabanan. Harapannya, jalan penghubung empat desa di dua wilayah kecamatan tersebut segera diperbaiki. Sementara Plt Kepala Dinas PU Tabanan, I Wayan Yudana belum bisa dikonfirmasi. Handphone dalam kondisi off, konfirmasi via SMS hingga berita ini diturunkan belum dibalas. * d

Komentar