nusabali

250 Siswa SMP Ikuti Pemanduan Bakat

  • www.nusabali.com-250-siswa-smp-ikuti-pemanduan-bakat

SEMARAPURA, NusaBali
250 siswa SMP di Klungkung daratan (Kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan), mengikuti tes pemanduan bakat di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kamis (1/9) pagi.

Program ini digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga, untuk menggali bakat siswa pada bidang olahraga.  Sedangkan, untuk di Kecamatan Nusa Penida, akan dilaksanakan secara khusus, dalam waktu belum pasti. Meskipun diguyur hujan tidak menyurutkan semangat 250 siswa untuk mengikuti test pemanduan bakat olahraga tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Klungkung I Ketut Sujana mengatakan program ini diikuti siswa yang memiliki minat terhadap olahraga dan diperdalam lagi tes pemanduan bakat. Setelah mengikuti serangkaian tes, mereka akan diidentifikasi lagi untuk diarahkan bakat olahraga dari siswa yang bersangkutan. "Selanjutnya akan ditentukan ke cabang olahraga mana anak-anak ini," ujar Sujana.

Antusias siswa mengikuti tes ini sangat tinggi meskipun hujan mereka tetap datang ke untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang olahraga. "Program ini nyambung dengan Si Kepo (Aplikasi Kelas Prestasi Olahraga)," ujar Sujana.

Kat dia, Pemkab Klungkung menghadirkan Sikepo sejak dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2021 tingkat SMP. Meskipun tidak jelas siapa apa prestasi siswa dari aplikasi ini, Sujana menyebut merupakan terobosan ini guna memfasilitasi kebutuhan para atlet yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

Melalui Sikepo, jelas dia, Disdikpora Klungkung menyediakan kelas yang disediakan khusus untuk para atlet. Siswa kelas olah raga ini mendapatkan pembelajaran seperti biasa. Yang membedakan, pengaturannya untuk latihannya akan lebih mudah. "Sementara untuk pembelajaran dan latihan siswa kelas olahraga akan dikerjasamakan dengan KONI Klungkung,” kata Sujana. *wan

Komentar