nusabali

BMKG Uji Sirine Tsunami di Seririt

  • www.nusabali.com-bmkg-uji-sirine-tsunami-di-seririt

SINGARAJA, NusaBali
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menguji coba sirine peringatan dini tsunami di Lapangan Desa Sulanyah, Kecamatan Seririt, Buleleng, Kamis (1/9).

Sirine peringatan tsunami berdenging sangat nyaring sebanyak tiga kali. Uji coba ini digelar untuk mengecek kesiapan kondisi sirine menjelang pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Uji coba sirine tsunami itu dihadiri Kasi Peringatan Dini BMKG Denpasar, Yohanes Dwi Kariadi dan disampaikan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng serta didampingi Satpol PP Kecamatan Seririt.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, setelah dilakukan pengecekan, alat tersebut masih berfungsi dengan baik sesuai dengan uji yang dilaksanakan oleh BMKG melalui Pusdalops Provinsi.

"Uji ini dilaksanakan tiga kali dan sebelumnya telah melakukan permakluman terhadap masyarakat yang ada di sekitarnya. Sehingga pelaksanaan uji coba ini tidak mengganggu masyarakat dan dapat berjalan dengan lancar," ujar Ariadi Pribadi.

Dalam pengujian itu, pihak BPBD Buleleng juga mengusulkan kepada BMKG agar alat itensity meter  dibantu untuk perbaikan sekaligus pemindahannya. "Sehingga peralatan ini berfungsi dan apabila sewaktu-waktu ada bencana gempa bumi kita mudah untuk mengetahui kondisi lokasi daerah terdampak berat, sedang, ringan," kata Ariadi. *mz

Komentar