nusabali

Pasca Pemberhentian Bendesa Madya MDA Karangasem, Bendesa Alitan Belum Nyatakan Sikap

  • www.nusabali.com-pasca-pemberhentian-bendesa-madya-mda-karangasem-bendesa-alitan-belum-nyatakan-sikap

AMLAPURA, NusaBali
Terkait pemberhentian Bendesa Madya Majelis Desa Adat (MDA) Karangasem, I Ketut Alit Suardana karena diduga menyalahi etik MDA, para Bendesa Alitan MDA Kecamatan se-Karangasem belum menyatakan sikap.

Para tokoh adat ini juga belum mau membahas soal pemilihan Bendesa Madya MDA Karangasem definitif pasca pemberhentian Alit Suardana oleh MDA Provinsi Bali.

"Saya masih fokus menjadi guru mendidik anak bangsa," jelas Bendesa Alitan Kecamatan Rendang I Komang Warsa di sela-sela acara penyerahan bantuan BKK di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem Jalan Veteran Amlapura, Kamis (1/9). Warsa yang juga Bendesa Adat Alasngandang, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang yang sehari-hari sebagai guru di SMAN Rendang ini juga menolak membahas soal kandidat yang akan maju sebagai Bendesa Madya.

Hal serupa juga diungkapkan Bendesa Alitan MDA Kecamatan Manggis, I Wayan Reni. Bahkan dia menolak saat dikonfirmasi. "Jangan tanya itu ke saya," ucapnya singkat sembari mengelak. Begitu juga Bendesa Alitan Kecamatan Karangasem Jro Nyoman Wijaya, mengaku belum ada komentar. Bagaimana dengan rencana Paruman Madya Luar Biasa MDA Karangasem, dia pun menolak komentar. "Saya sudah tua, jangan tanya saya," pintanya.

Respon serupa diberikan Bendesa Alitan Kecamatan Selat I Komang Sujana, Bendesa Alitan Kecamatan Kubu Jro Mangku Puspa, Bendesa Alitan Kecamatan Bebandem I Nyoman Ganti, dan Bendesa Alitan Kecamatan Abang I Wayan Gede Surya Kusuma.

“Tunggu mekanismenya saja,” ujar Bendesa Alitan Wayan Gede Surya Kusuma. Bendesa Alitan MDA Kecamatan Sidemen I Wayan Darmanta memberikan tanggapan diplomatis. "Pada saatnya yang tepat, nanti akan saya berkomentar," jelas Darmanta. Di bagian lain mantan Bendesa Madya MDA Karangasem yang juga Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Arta Dipa, juga mengelak dikonfirmasi mengenai lengsernya Ketut Alit Suardana.

"Nantinya dalam Bendesa Alitan MDA yang punya kewenangan memilih Bendesa Madya, yang penting pilih figur terbaik," pintanya. Seperti diberitakan Ketut Alit Suardana diberhentikan MDA Provinsi Bali. MDA Provinsi Bali kemudian menunjuk I Nengah Suarya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bendesa MDA Karangasem. *k16

Komentar