nusabali

Jenderal Dudung Minta Anggota Atensi Air Bersih

  • www.nusabali.com-jenderal-dudung-minta-anggota-atensi-air-bersih

DENPASAR, NusaBali
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dudung Abdurachman memerintahkan seluruh jajarannya hadir ke tengah masyarakat untuk memerhatikan masalah ketersediaan air bersih.

Salah satu daerah yang jadi perhatian Jenderal Dudung adalah wilayah Nusa Tenggara Timur yang menjadi identik dengan kekurangan air bersih di Indonesia.  Hal ini disampaikan Kasad saat kunjungan kerjanya ke Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meresmikan Program TNI AD Manunggal Air melalui pompa hidram, Rabu (31/8). Di desa yang merupakan wilayah Dandim 1621/TTS, Kodam IX/Udayana itu dibangun pompa hidram untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Bahkan air tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian seluas 35 hektare.

"Saya sangat konsentrasi terhadap wilayah NTT. Saya tahu persis wilayah ini membutuhkan air. Saya pernah bertugas di Timor Timur dan merasakan bagaimana sulitnya permasalahan air. Apalagi menjalani hidup di TTS sangatlah sulit, penuh keterbatasan khususnya masalah ekonomi di bidang pertanian dan ketersediaan air," ujar Kasad dalam sambutannya.

Mengatasi persoalan tersebut, Kasad mencanangkan Program 'TNI AD Manunggal Air' di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai masalah kekurangan air. Hal tersebut dituangkan melalui Perintah Harian Kasad yang salah satu butirnya adalah TNI Angkatan Darat harus hadir di tengah-tengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi permasalahan masyarakat.

"Air merupakan sumber kehidupan. Dengan air, maka semua bisa menjadi hidup. Melalui program ini, TNI AD hadir di tengah-tengah rakyat. Intinya, TNI AD harus lebih mencintai rakyat," ungkap Kasad.

Kehadiran air bersih melalui program Kasad itu disambut baik masyarakat setempat. Salah satunya adalah Albinus Selan. Warga Desa Mnelalete itu mengaku sangat bersyukur mendapat perhatian dari TNI AD dalam bentuk air ini.

"Saya hanya bisa sampaikan terima kasih banyak kepada TNI yang telah membantu kami dalam mendukung ekonomi masyarakat dengan membantu mendekatkan air. Dengan hadirnya air ini kami bisa menanam jagung, sayur-sayuran, umbi-umbian dan kacang-kacangan," tutur Albinus Selan. *pol

Komentar