nusabali

DLH Belum Pastikan Pencemaran Got

  • www.nusabali.com-dlh-belum-pastikan-pencemaran-got

GIANYAR, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar menindaklanjuti kondisi got yang tercemar di Jalan Jata, Kecamatan Gianyar, Rabu (31/8).

Hanya saja, petugas yang diterjunkan hanya memelototi got. Kepala DLH Gianyar Ni Wayan Mirnawati pun belum bisa memastikan itu sebagai pencemaran lingkungan atau tidak.

Alasannya, perlu pengukuran tingkat pencemaran. "Untuk dikatakan pencemaran, perlu pengukuran atas objek yang diduga tercemar sesuai dengan baku mutu yang ditentukan. Apakah limbah tersebut sudah tergolong pencemaran atau masih dalam batas toleransi," ujar Mirnawati, Rabu (31/8).

Meskin belum memastikan pencemaran, dia mengaku tetap berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk sama-sama mengingatkan agar masyarakat mengelola limbah rumah tangga atau usaha, sebelum dibuang ke sekitar. Terkait program DLH dalam mengatasi pencemaran lingkungan di luar program rutin, Mirna mengakui telah mengedukasi masyarakat. "Kami juga edukasi masyarakat terkait kebersihan dan lingkungan hidup," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pencemaran lingkungan terjadi di sejumlah titik di Kelurahan Beng dan Gianyar. Karena ada limbah menghitam dan berbau busuk mengalir ke sungai yang membelah kota Gianyar. Kondisi ini sudah terjadi bertahun-tahun. *nvi

Komentar