nusabali

KSP Moeldoko Cek Progres PLTS Nusa Penida

  • www.nusabali.com-ksp-moeldoko-cek-progres-plts-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko meninjau progres pembangunan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Desa Suana, Kecamatan Nusa Panida, Klungkung, Senin (29/8) pagi.

Kunjungan kerja ini dalam rangka monitoring pembangunan PLTS Nusa Penida sebagai energi baru terbarukan. PLTS ini juga sebagai showcase atau unjuk diri dalam event KTT G20.

Proyek pembangunan pembangkit listrik dengan daya 3,5 mega watt (MW) dengan energi terbarukan PLTS tersebut, untuk memperkuat kapasitas listrik di Nusa Penida. Untuk kapasitas daya listrik di Nusa Penida saat ini mencapai 10 MW dengan menggunakan 7 unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Sedangkan, pemakaian listrik saat puncak kunjungan wisatawan sebelum pandemi Covid-19 atau 2019 mencapai 9,8 MW. Pembangunan PLTS ini sudah direncanakan sejak 2019 lalu, karena melihat kebutuhan listrik dan program penambahan daya listrik dengan energi terbarukan. Namun, akibat terjadi pengurangan pemakaian listrik karena pandemi maka pembangunan PLTS itu ditunda. Kemudian melihat melandainya Covid-19 dan dibuka kembali pariwisata, maka PLTS itu kini dilanjutkan.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko, mengapresiasi PT Indonesia Power dalam menyediakan listrik bagi masyarakat Nusa Penida dalam kurun waktu yang singkat. “Listrik bisa membawa perubahan, karena dengan listrik peradaban manusia dapat berkembang dengan cepat,” ujar Moeldoko. Direktur Pengembangan dan Niaga PT Indonesia Power, Harlen, menyampaikan PLTS ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya penurunan pemakaian BBM sebesar 1.596.875 liter/tahun setara Rp 19.449.937.500/tahun, mendukung program Net Zero Emission dengan penurunan emisi CO2 sebesar 3.015 ton CO2/tahun, dan lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan terimakasih atas perhatian yang telah diberikan pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan listrik seiring perkembangan pariwisata di Nusa Penida. Melalui PLTS Nusa Penida diharapkan dapat mendukung pariwisata ramah lingkungan (green tourism) di Kepulauan Nusa Penida. *wan

Komentar