nusabali

KNPI Gelar 'Milenial Menyapa' ke Nusa Penida

  • www.nusabali.com-knpi-gelar-milenial-menyapa-ke-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Pemuda Klungkung yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelar aksi bertema ‘Milenial Menyapa dan Simakrama Pemuda’ di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Kegiatan berlangsung 27 - 28 Agustus 2022, dipimpin Ketua DPD KNPI Klungkung Anak Agung Gde Utama Indra Prayoga. Menurut Gung Indra, kegiatan hari pertama yakni ‘Milenial Menyapa’, yang merupakan aksi sosial lewat berbagi untuk masyarakat yang tidak mampu. Mereka yakni warga disabilitas, lansia dan yatim piatu maupun yang jarang dapat perhatian dari pemerintah karena alasan administrasi. "Kami menyasar dua desa di Nusa Penida yakni Desa Batununggul dan Desa Kutampi Kaler," ujar Gung Indra, Senin (29/8).

Dia mengharapkan kegiatan ini menjadi cerminan bagi pemuda, lanjut bergerak menyasar ke semua wilayah,  walaupun dengan jarak berjauhan. ‘’Kegiatan ini agar pemuda bisa memahami langsung bagaimana konidisi di masyarakat, sekaligus memupuk rasa simpati pemuda agar tidak hanya memikirkan diri sendiri," imbuh Gung Indra.

Selanjutnya, ‘Simakrama Pemuda’ di Aula Kantor Camat Nusa Penida. Kegiatan ini dihadiri perwakilan siswa dari SMAN 1 Nusa Penida, SMA Satap Klumpu, SMA Satap Tanglad, SMKN Nusa Penida, Karang Taruna Sila Jaya, Desa Batununggul, Karang Taruna Sila Dharma, Desa Bungamekar, dan Yowana Gema Santi Nusa Penida.

Simakrama ini untuk mengadvokasi pemuda dan memberikan informasi tentang pentingnya berorganisasi, bersosialisasi ke lingkup lebih luas. Kegiatan ini juga wadah untuk mengembangkan hard skill dan soft skill. "Ini sekaligus untuk memperkenalkan KNPI kepada pemuda Nusa Penida, baik sejarahnya, visi dan misi, program kerja KPNI yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan," imbuh Gung Indra.

Kata dia, dengan kegiatan ini agar pemuda bisa bergerak bersama, guna bisa mengikuti perkembangan jaman tapi tidak melupakan adat istiadat dan tradisi. "Kami berharap pemuda bisa berperan aktif baik dikegiatan wilayah maupun kegiatan daerah guna bersama memajukan daerah, dan jangan sampai pemuda menjadi penonton di daerah sendiri," harap Gung Indra. *wan

Komentar