nusabali

Delegasi KTT Menteri Pemberdayaan Perempuan G20 Gunakan Kendaraan Listrik

  • www.nusabali.com-delegasi-ktt-menteri-pemberdayaan-perempuan-g20-gunakan-kendaraan-listrik

MANGUPURA, NusaBali.com – Gelaran G20 Ministerial Conference on Women's Empowerment (MCWE) di Bali, bukan hanya menghasilkan kesepakatan memperkuat kolaborasi internasional untuk lebih mendukung kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan.

Namun pesan terhadap dukungan ramah lingkungan juga ditunjukkan pada event dunia di Nusa Dua, Kabupaten Badung tersebut. “Senang sekali rasanya mengetahui bahwa acara ini menyediakan armada kendaraan listrik yang dapat digunakan bagi para delegasi,” kata Co-head of EU Delegation, G20 Women20, Director, Digital Leadership Institute, Cheryl Miller Van Dÿck

Sebagai salah satu orang yang sangat peduli terhadap lingkungan dan sebagai pemilik kendaraan hybrid, Cheryl mengetahui banyak manfaat positif saat menggunakan kendaraan listrik.

“Kehadiran armada kendaraan listrik ini, merupakan salah satu langkah kecil untuk mengurangi jejak emisi karbon, dan senang rasanya dalam acara ini kita berkesempatan untuk menunjukkan kesadaran diri terhadap bumi,”  ungkap Cheryl.

Pada kegiatan yang mengangkat tema ‘Recover Together, Recover Stronger to Close Gender Gap’, 24-25 Agustus 2022, delegasi lebih 20 negara disiapkan mobil listrik untuk mendukung transportasi.

Tak tanggung-tanggung, ada 15 mobil listrik yang disediakan oleh Grab Indonesia dalam forum pemberdayaan kaum perempuan tersebut yang presidensinya diketuai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga.

“Pemberdayaan perempuan dan juga kelestarian lingkungan merupakan dua fokus utama dari misi GrabForGood,” kata Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi.

Berlandaskan misi ini, Neneng menegaskan jika Grab telah memiliki program-program pro-perempuan yang sejalan dengan tiga fokus utama yang diangkat di G20 MCWE.

“Satu hal yang kita pelajari selama pandemi berlangsung adalah daya juang perempuan yang begitu luar biasa, terlihat dari pertumbuhan signifikan jumlah mitra perempuan di Grab yang tumbuh signifikan di tahun 2021, termasuk di Timur Indonesia,” kata Neneng.

Grab meyakini perempuan berdaya akan memberikan efek positif bagi keluarga dan masyarakat sehingga dapat turut mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Sementara itu Bintang Puspayoga menegaskan G20 MCWE adalah komitmen Indonesia untuk melanjutkan upaya pengarusutamaan isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan yang dimulai di Italia pada 2021 lalu.

“Kami percaya, hanya melalui kerja sama global dan komitmen yang kuat, kami dapat mengatasi tantangan yang dihadapi perempuan, khususnya di masa pemulihan Covid-19 dengan terus mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di semua sektor pembangunan,” kata Bintang.

Ia pun berharap Grab dapat menjadi contoh perusahaan berperspektif gender dengan keberhasilannya mendorong perempuan untuk menempati 50% posisi kepemimpinan di Indonesia. *

Komentar