nusabali

Minikino Film Week 8, Tampilkan 300 Film Pendek dari Indonesia dan Mancanegara

  • www.nusabali.com-minikino-film-week-8-tampilkan-300-film-pendek-dari-indonesia-dan-mancanegara

DENPASAR, NusaBali.com – Minikino Film Week ke-8 (MFW8), Bali International Short Film Festival akan kembali hadir pada 2-10 September 2022. Masih sama seperti tahun sebelumnya, rangkaian acara MFW8 tahun ini akan diselenggarakan dalam format hybrid yakni secara luring dan daring.

Event tahunan ini digadang-gadang akan menampilkan 300 film pendek baik dari Indonesia maupun luar negeri yang dikemas dalam 55 program.

“Film pendek yang masuk nanti akan dari berbagai pintu (daerah). Jadi kami (MFW8) memiliki kanal internasional untuk diseleksi, siapa saja bisa ikut dalam festival ini sesuai dengan regulasi yang telah disepakati dan maksimal durasi film pendek yang telah ditetapkan adalah 25 menit,” ujar Edo Wulia selaku Direktur Festival MFW8. 

Lebih lanjut, Edo Wulia menjelaskan tercatat 925 judul film pendek yang masuk melalui kanal online Short Movie Depot dan Filmfreeway yang dibuka untuk filmmaker dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Jadi dari 925 film yang masuk, kami sudah mengkurasinya menjadi 300 film saja untuk nanti ditampilkan dalam MFW8 nanti,” tandas Edo Wulia dalam press conference di Minihall Irama Indah, Jalan Diponegoro Denpasar Barat, Senin (29/8/2022)

Program-program MFW8 terbagi menjadi 30 Program Internasional, 3 Program Inclusive Cinema, 10 Program S-Express 2022, 5 Program Indonesia Raja 2022, 1 Program VR Films, 5 Program Tamu dan Begadang 2022 Official Selection. 

“Meskipun MFW8 adalah festival yang bertajuk internasional, festival ini memiliki komitmen untuk menyediakan subtitle Bahasa Indonesia karena ini juga perihal aksesibilitas,” ujar Fransiska Prihadi selaku Direktur Program MFW8.

Kata Fransiska, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah untuk menjadikan festival film yang lebih inklusif. Sehingga ia berharap seluruh audience yang hadir bisa berdiskusi dan berpikir kritis dalam ekosistem lokal antara penutur Bahasa Indonesia ataupun untuk kawan-kawan penyandang disabilitas maupun non-disabliitas.

“Semua film dalam program ini dilengkapi dengan close caption, jenis subtitle untuk penyandang tuli dan kurang dengar. Lalu ada audio description yang ditambahkan ke dalam film untuk penonton dengan penglihatan rendah dan tunanetra,” jelas Edo Wulia kepada awak media.

Sebagai informasi tambahan, tahun ini MFW8, Bali International Short Film Festival hadir di 12 titik yang tersebar hampir di seluruh Bali yang juga akan dilaksanakan secara serentak. 
Adapun daftar lokasi Minikino Film Week 8 yakni di Alliance Francaise Bali, Anka Coffee, Dharma Negara Alaya, Dusun Pagi Tabanan, Genius Café Sanur, Geo Open Space, Irama Indah Minihall, Mash Denpasar, Rumah Belajar Komunitas Mahima, Rumah Film Sang Karsa, The Rooms, dan Uma Seminyak.

Pemutaran Film di MFW terbuka untuk umum secara gratis dan memberikan panduan peringkat usia. “Tentunya kita juga memberikan rating umur untuk setiap filmnya, baik itu untuk 7 tahun ke atas, 13 tahun ke atas, 18 tahun ke atas, dan juga NR atau tanpa rating,” ujar Edo Wulia. 

Masih dalam suasana pandemi yang semakin landai, kegiatan MFW8 mendatang akan tetap menerapkan protokol kesehatan standar yang berlaku. 

“MFW8 tahun ini kemungkinan akan dihadiri oleh lebih banyak orang dibanding dua tahun sebelumnya, sehingga kita harus siap selama festival berlangsung protokol kesehatan standar akan tetap diberlakukan, meski tidak seketat dulu,” ujar Edo Wulia. 

September mendatang, MFW8 akan menayangkan program-program film pendek dari festival tamu yaitu Clermont-Ferrand International Short Film Festival (Prancis), Seoul Yeongdeungpo Intyernational Extreme-Short Image & Film Festival (Korea Selatan), Toronto Reel Asian (Kanada), Image Forum (Jepang), dan Kyiv International Short Film Festival (Ukraina).

Di sisi lain, Film Pendek dari Indonesia yang akan ditampilkan diantaranya yang berjudul Ride To Nowhere, Anak-anak Milenial, These Colours Don’t Run, Opera Jalanan, Splish Splash, Annah La Javanaise, dan Laut Memanggilku.

Setiap orang yang berencana hadir dalam event MFW8 dapat melihat agenda dan rundown acara pada katalog Minikino Film Week Festival di laman https://minikino.org. *ris

Komentar