nusabali

Gofar Hilman Luncurkan Velg Turbo Bastard di Bali

  • www.nusabali.com-gofar-hilman-luncurkan-velg-turbo-bastard-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Antusias Gofar Hilman di dunia otomotif bukan sekadar hobi atau pengisi konten. YouTuber ini tak tanggung-tanggung mencebur di dunia otomotif dengan meluncurkan produk velg dengan turbodisc.

Kalkulasi Gofar ternyata di luar dugaan. Velg berikut turbodisc yang diberi nama Turbo Bastard laris manis.

Saat meluncurkan velg dan turbodisc di Trans Studio Mall Denpasar, Sabtu (27/8/2022), belum sehari langsung ludes.  Padahal peluncuran velg dan Turbo Bastard menjadi bagian dari gelaran event Road to OLX Autos IMX 2022 Bali:  Kalcer Dewata yang berlangsung hingga Minggu (28/8/2022).

“Mohon maaf sudah habis. Ketersediaan baru ada  pada penjualan batch ke-2 saat event puncak OLX Autos IMX 2022 pada 1-2 Oktober 2022 di JCC, Senayan,” terang Gofar. 

Ludesnya penjualan di Bali membuat gembira Gofar, karena dipilihnya launching di Pulau Dewata sekaligus sebagai misi mengetes pasar.

"Bali pasarnya unpredicable. Untuk clothing kalau tidak lokal ya luar egeri sekalian. Marklet di Bali sangat unik, punya market sendiri. Jadi Bali tempat netral untuk melihat pasar," terang Gofar sembari menyebut total sudah 100 set velg Turbo Bastard terjual. 

Penjualan velg  dan Turbodisc batch 1 dilakukan di Tokopedia. Tak ayal lapak dengan nama  ‘Turbo Bastard Wheel’ ini diserbu  pembeli. 

Velg Mobil TBW Dashing R15 4x100  ataupun  R15 4x114 Lebar7 ET38 White yang dibanderol Rp 5.999.999 (dapat 4 velg) serta TBW - Turbodisc Tulisan Hitam yang dibanderol Rp 1.850.000 (dapat 2 turbodisc) ludes hanya dalam tempo 3 jam.

Sementara itu terkait pemilihan nama tak lazim yakni Turbo Bastard, diakui Gofar mewakili karakter dari produknya dimana hal ini sebagai simbol eksplorasi tanpa batas serta menunjukkan kualitas produksi produk lokal aftermarket yang kian kompetitif dibanding produk dari luar negeri yang sudah popular lainnya. 

"Sebelumnya saya juga sempat memutuskan mau bikin velg custom sendiri buat pemakaian pribadi, tapi keinginan saya akhirnya bisa terealisasi setelah bertemu NMAA (National Modificator & Aftermarket Association), dan Pako Wheels untuk diluncurkan dalam ajang Road to OLX Autos IMX 2022 di Bali," ujar car enthusiast bernama lengkap Abdul Gofar Hilman ini.

Dari segi bobot, Turbo Bastard terbilang ringan jika dibandingkan dengan produk velg berjenis casting karena dibuat dari campuran material alumunium, magnesium dan nikel, velg dengan konstruksi palang 5 ini hanya memiliki bobot 6,8 kilogram.

"Semoga dengan hadirnya Turbo Bastard sebagai brand aftermarket baru di Indonesia bisa menjawab kebutuhan para car enthusiast untuk menghadirkan lebih banyak pilihan untuk melakukan modifikasi pada mobilnya menjadi semakin ‘Sekut’. Selain itu penambahan turbodisc dapat berfungsi untuk mendinginkan perangkat rem mobil dan menambah unsur lifestyle terhadap penggunanya nanti," harap Gofar yang dikenal dengan jargon sekut-nya ini.

Atas diluncurkannya velg ini, NMAA pun memberi penghargaan  Rekor Otomotif Indonesia  untuk Turbo Bastard Wheels sebagai pemegang rekor ‘Velg Lokal Pertama di Indonesia yang Menggunakan Sistem Turbodisc.'

NMAA selaku asosiasi industri aftermarket diakui Gofar turut berperan serta mendukung atas lahirnya brand Turbo Bastard. “Kesamaan visi dan misi setelah merancang konsep Turbo Bastard membuat kami percaya jika ke depannya akan lebih banyak produk aftermarket dari Indonesia. 

Hal ini dapat terwujud jika industri otomotif khususnya modifikasi bisa bersatu, berkolaborasi, mencetak produk berkualitas dengan dukungan para tuner dan spesialis profesional di bidangnya," jelas Andre Mulyadi selaku founder NMAA.

Jika dulu hanya menyasar estetika, kini prospeknya semakin meluas hingga dapat memproduksi safety product seperti velg. "Kemampuan produksi Pako Group sebagai salah satu produsen velg terbesar di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, Pako Group lebih dulu memproduksi velg dari merek aftermarket ternama di luar negeri," ucap Andre.

Di kesempatan yang sama Marketing Departement Head Pako Group, Yeremia Dwi mengatakan velg Turbo Bastard sudah mengantongi sertifikasi mutu produk SNI dan JWL. 

"Velg Turbo Bastard sudah lulus dari tes fisik seperti impact test, drum test, dan MLT. Sehingga sesuai dengan spesifikasi standar keselamatan, ketahanan dan kualitas. Setelah menempuh serangkaian standar kualitas seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) dan JWL (Japan Light Alloy Wheel) yang merupakan tanda standarisasi keselamatan untuk mobil penumpang di Jepang. Material bahan, cara pemrosesan hingga uji kelaikan setara dengan produk velg Internasional," terangnya. 

Yeremia menyebut, tingkat durabilitas velg mampu mencapai maximum load 560kg/wheel.  Pada tahap ini, proses modelling dilakukan langsung melalui aplikasi 3D supaya dapat mengetahui kelayakan velg sebelum diproduksi massal.

Mengandalkan metode produksi low pressure casting. Sebelum bisa digunakan, velg mentah ini harus melalui beberapa tahapan seperti misalnya melubangi PCD dan pentil, proses x-ray untuk melihat struktur dalam velg, pemanasan, pengecatan, serta pemotongan di mesin CNC untuk mendapatkan model tertentu. 

National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) adalah asosiasi modifikasi pertama dan terbesar di Indonesia. NMAA adalah adalah pelopor yang menyatukan 3 pilar industri otomotif, yakni APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan, aftermarket, serta modifikator dan komunitasnya.

NMAA berdiri sejak 24 Maret 2016, lewat kick-off perdana yang dihadiri para pecinta modifikasi dari seluruh Indonesia. Sebagai asosiasi modifikasi, NMAA memiliki tujuan untuk membawa industri kreatif modifikasi Indonesia naik ke level yang lebih tinggi dan diperhitungkan dunia internasional.

Selain menyuarakan visi-misi yang sama lewat beragam kegiatan yang didukung ahli-ahli berpengalaman, NMAA juga mendorong terus industri modifikasi melalui event Indonesia Modification Expo, menelurkan dan mendorong produk modifikasi lokal untuk memiliki standar tinggi, termasuk menyediakan wadah edukasi terhadap industri, tren, dan prinsip teknis modifikasi serta aftermarket. 

Komentar